0

ALAT OUTPUT

Posted by jujur on 2:45 AM
ALAT INPUT

Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input. Input adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem. Input dibagi dua, dapat berupa :
Signal Input         : energi yang akan diolah oleh sistem atau data yang dimasukkan ke sistem komputer
Maintenance Input   :   energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input atau program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
Beberapa alat input berfungsi ganda yaitu sebagai alat input sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil yang disebut dengan terminal.
Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat telekomunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry Terminal atau Remote Batch Terminal
Terminal dapat digolongkan sebagai berikut :
1.   Non Intelligent Terminal
·         Terbatas hanya berfungsi sebagai alat pemasukkan input dan menampilkan output saja.
·         Terminal ini tidak bisa diprogram dan tidak mempunyai processor
·         Contoh : teleprinter terminal, yaitu terminal yang mempunyai keyboard untuk memasukkan data dan alat pencetak untuk menampilkan hasil (contoh : mesin tik elektronik IBM).
2.   Smart Terminal
·         Mempunyai microprocessor dan beberapa internal memory didalamnya
·         Input yang dimasukkan dapat dikoreksi kembali
·         Tidak dapat diprogram oleh pemakai
·         Contoh : kalkulator
3.   Intelligent Terminal
·         Mempunyai mikroprocessor dan internal memory didalamnya
·         Input dapat dimasukkan dan dikoreksi kembali dan dapat dikirimkan kepusat komputer bila dihubungkan dengan pusat komputer.
·         Dapat diprogram oleh pemakai.

Alat Input Langsung

·        Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan diproses secara langsung oleh CPU tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media lain (simpanan luar).
·         Keyboard, alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke alat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
·         Pointing Device, untuk keperluan tertentu, misalnya pembuatan gambar atau grafik
·         Mouse, pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar.
·         Touch Screen, layar monitor yang mengaktifkan program bila bagian tertentu dilayar disentuh dengan tangan.
·         Light Pen, untuk mengatur suatu titik dilayar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Dengan light pen, posisi sentuhan dilayar akan lebih tepat dan lebih teliti.
·         Digitizer Graphics Tablet, menggambar grafik secara elektronik
·         Scanner, bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca. Alat input scanner dapat berupa Magnetic Ink Character Recognition (MICR) dan optical data reader.

Alat Input Tidak Langsung

·        Data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media machine readable form(bentuk yag hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya kartu Plong, pita magnetik atau disk magnetik.


ALAT PEMROSES


Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan dialat output.
Alat pemroses terdiri dari:
1.   CPU (Central Processing Unit)
2.   Array Processor
3.   Main memory

CPU

CPU merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada mikro komputer, processor ini disebut dengan microprocessor.
Fungsi CPU :
1.   Mengawasi, membimbing, mengontrol seluruh sistem komputer selama proses pengolahan
2.   Addresing Main Storage, artinya CPU dapat menentukan lokasi dalam main storage untuk disediakan data dan instruksi
3.   Storing Information ( menyimpan dan mengambil data)
4.   Arithmatic Processing of Data, CPU dapat melakukan operasi perhitungan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Control Unit, operasi
·        Addition (penjumlahan)
·        Subtraction (pengurangan)
·        Division (pembagian)
·        Multiplication (perkalian)
5.   Logical Operation (operasi logika)
·        Comparing (membandingkan)
·        Sortir (mengurutkan)
·        Selecting (memilih)
·        Merging (menggabungkan)
6.   Sequencing Instruction, CPU dapat mengontrol urutan-urutan pengolahan sesuai dengan instruksi yang diberikan
7.   On/off input dan output.
Kecanggihan dan kemampuan komputer sangat ditentukan oleh CPU. Kualitas komputer atau CPU nya sangat ditentukan oleh karakteristik dari perangkat keras
1.   Speed, kecepatan mengolah data dan informasinya
·         Kapasitas processor
·         Jumlah Memory
·         Kecepatan Storage
2.   Capasity
·         Kemampuan mengolah data dan informasi
·         Jenis memory yang digunakan
3.   Accuracy (ketelitian yang tinggi)
·         Monitor VGA/ VGA Card
·         Dipengaruhi adanya program software yang pesat
4.   Easy for Use (kemudahan dalam pemakaian)
·         Keyboard, display screen (ukuran dan kualitas)
·         Monitor yang tidak merusak mata
5.   Functionality (kegunaan dalam pemakaian)
·        Special Purpose, multipurpose dan general purpose
6.   Expancebility (kemampuan pengembangan)
·        ditingkatkan daya kapasitasnya sebagai kebutuhan

CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (Control Unit) dan ALU, dan mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

1.   CONTROL UNIT
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
Tugas dari Control Unit, sebagai berikut :
1.   Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2.   Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
3.   mengambil dat dari man memory kalau diperlukan oleh proses
4.   mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU
5.   menyimpan hasil proses ke main memory.

2.   Arithmetic and Lagical Unit (ALU)
Tugas utama : melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang sesuai dengan instruksi program
Tugas lainnya : melakukan keputusan dari operasi lagika sesuai dengan instruksi program.
REGISTER
·         Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 – 10 kali dibandingkan dengan kecepetan perekaman atau pengambilan data di main memory.
·         Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory.
·         CPU itu otak dan register itu ingatan
Ada tiga macam memory yang dipergunakan dalam sistem komputer :
1.   Register, digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data yang sedang diproses
2.   Main memory, digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data yang akan diproses dn hasil dari pengolahan
3.   External Memory, digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data secara permanen
Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya, yaitu:
1.   Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2.   Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
3.   General purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
4.   Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU.
5.   Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.

Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan cache memory atau buffer memory dengan maksud supaya kerja dari CPU lebih efisien mengurangi waktu yang terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima di main memory atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke main memory baru proses selanjutnya bisa dilakukan, padahal proses di main memory lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan register. Cache memory diletakkan diantara CPU dan main memory.



 





Dengan cache memory, sejumlah blok informasi di main memory dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan berhubungan dengan cache memory.

MAIN MEMORY

CPU hanya dapat menyimpan data atau instruksi di register yang ukurannya kecil, sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses dari program. Untuk mengatasi hal ini, maka alat pemroses dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar, yaitu main memory.
Ukuran dari main memory ditunjukkan oleh satuan :
Kilo Byte (KB) =  1024 Byte
Mega Byte (MB)          =  1024 KB
Giga Byte (GB)    =  1024 MB
1 Byte            =  8 bit
Main Memory terdiri dari RAM dan ROM.















Register
 








CPU
 
Main Memory
 
Alat Pemroses
 



                    




 




RAM

Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM (Random Access Memory). RAM merupakan memory yang dapat diaccess, yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.
Struktur dari RAM dibagi memjadi 4 bagian :
1.   Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input
2.   Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproes
3.   Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
4.   Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output

Input yang dimasukkan lewat alat input pertama kali ditampung terlebih dahulu di Input Storage, bila input tersebut berbentuk program, maka dipindahkan ke Program Storage dan bila berbentuk data, akan dipindahkan ke Working Storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung di Working Storage dan hasil yang akan di tampilkan dialat ke alat output di pindahkan ke Output Storage.

ROM
ROM (Read Only Memory), memory yang hanya dapat dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer.

Hubungan antara CPU dengan Main Memory dan alat-alat I/O
Hubungan antara CPU dengan Main memory ataupun alat-alat I/O dilakukan dengan suatu jalur yang dinamakan BUS. Hubungan antara CPU dengan main memory melaluai jalur bus dilekatkan pada MDR,MAR dan Control Unit di CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan antara CPU dengan alat-alat I/O tidak diletakan langsung ke alat-alat I/O tersebut, tapi dapat melalui suatu alat I/O port atau DMA Controller atau I/O Channel.

Bus merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur transfortasi informasi antara dua tau lebih alat-alat dalam sistem komputer.
Bus yang menghubungkan antara CPU dengan Main memory disebut Internal Bus, sedang Bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat I/O  disebut External Bus



Data Bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi data & instruksi.
Address Bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi alamat di main memory untuk data atau instruksi yang akan diambil atau akan direkamkan.
Control Bus adalah  bus yang digunakan untuk mengirimkan signal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang akan dikirimkan dari satu alat ke alat yang lain.

Didalam internal bus, hubungan antara CPU dengan main memory melalui data bus yang dihubungkan dengan MDR, address bus yang dihubungkan dengan MAR dan control bus yang dihubungkan dengan control unit.
                                                  CPU


 











Pemrosesan Instruksi

Jika programmer menginginkan CPU akan mengerjakan sesuatu, maka harus ditulis suatu instruksi yang dikenal CPU. Kumpulan dari instruksi inilah yang disebut dengan program. Program yang akan diproses dan data yang akan diolah oleh CPU, harus diletakkan terlebih dahulu di main memory (konsep stored-program). Pemrosesan instruksi yang dilakukan oleh CPU mencakup 2 tahap, yaitu Instruction Fetch dan Instruction Execute. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemrosesan tersebut disebut dengan cycle time.
1.   Instruction Fetch
Tahap pertama dari pemrosesan suatu instruksi dari CPU disebut dengan Instruction Fetch, yaitu proses CPU mengambil atau membawa atau menjemput instruksi dari main memory ke CPU. Penjemputan ini dilakukan dengan langkah-langkah :
a.   Alamat dari instruksi yang ada di Program Counter (PC) register diletakan di MAR. MAR dihubungkan ke Main memory dengan address bus, sehingga alamat dari instruksi tersebut dikirimkan ke main memory melalui  address bus.
b.   Sementara itu control unit di CPU mengirimkan signal permintaan membaca instruksi lewat control bus untuk instruksi dialamat yang dikirimkan lewat address bus.
c.   Setelah mengirimkan signal permintaan tersebut, CPU menunggu sampai menerima signal jawaban dari main memory yang dikirimkan balik lewat control bus bahwa pengiriman instruksi telah dilakukan dan telah berada di MDR lewat data bus.
d.   Instruksi yang telah berada di MDR dipindahkan oleh CPU ke Instruction Register (IR).
e.   Alamat  instruksi sebelumnya di PC register ditambah satu yang merupakan alat dari instruksi berikutnya ke main memory.

2.   Instruction Execute
Tahap kedua dari pemrosesan instruksi adalah proses dari CPU untuk mengerjakan instruksi yang sudah dijemput (fetch) dari main memory dan sudah berada di IR register.
CU di CPU mengartikan instruksi tesebut, menentukan dan mengerjakan operasi apa yang harus dilakukan, dapat berupa penjemputan/pengambilan data dari main memory, mengirim instruksi ke ALU untuk melakukan operasi aritmatik atau logika dan menyimpan hasil pengolahan kembali ke main memory.
Bila operasi yang dilakukan membutuhkan data, maka data tersebut harus di jemput dari main memory, yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
a.   Alamat  dari main memory tempat data berada, yang ditunjukan oleh operand alamat diletakan di MAR dan dikirimkan ke main memory lewat address bus.
b.   CU mengirimkan signal permintaanmembaca isi dari alamat memory tersebut ke main memory lewat control bus
c.   CU menunggu signal balik jawaban dari main memory bahwa data yang diminta sudah dikirimkan dan sebagai hasilnya main memory mengirimkan data tersebut ke MDR lewat data bus
d.   Data yang berada di MDR dikirim CU ke operand register.

Data yang ada di operand register tersebut siap untuk diolah oleh ALU dan bila hasil pengolahan data akan direkamkan kembali ke main memory, maka dapat dilakukan dengan langkah-langkan sebagai berikut :
a.   Alamat di main memory tempat data akan direkamkan, yang ditunjukan oleh operand alamat diletakkan di MAR dan dikirimkan ke main memory lewat address bus.
b.   Data hasil pengolahan yang berada di accumulator dipindahkan ke MDR
c.   CU mengirimkan signal permintaan tulis ke alamat memory tersebut ke main memory lewat control bus.
d.   CU menunggu signal balik jawaban dari main memory lewat control bus bahwa perekaman data sudah dilakukan.

CYCLE TIME

Waktu yang dibutuhkan menyelesaikan tahap pertama yaitu Instruction Fetch disebut dengan waktu instruksi (Instruction Time).
Waktu yang dibutuhkan menyelesaikan tahap kedua yaitu Instruction Execute disebut dengan waktu pengerjaan (Execute Time).
 Tahap pertama dan kedua secara keseluruhan disebut dengan siklus mesin (machine cycle) dan seluruh waktu yang dibutuhkan oleh tahap pertama dan tahap kedua disebut dengan waktu siklus (cycle time)
·        Mengambil instruksi dari mainmemory
·        Mengartikan instruksi
·        Mengerjakan instruksi
·        Merekam hasil ke main memory


ALAT OUTPUT

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
·         Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
·         Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.
·         Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Dan alat output yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, sedangkan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.


0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.