0
ALAT OUTPUT
Posted by jujur
on
2:45 AM
ALAT INPUT
Alat input adalah
alat yang digunakan untuk menerima input. Input adalah energi yang dimasukkan
kedalam sistem. Input dibagi dua, dapat berupa :
Signal Input :
energi yang akan diolah oleh sistem atau
data yang dimasukkan ke sistem komputer
Maintenance Input : energi yang akan digunakan untuk mengolah
signal input atau program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
Beberapa alat input
berfungsi ganda yaitu sebagai alat input sendiri dan sebagai alat output
untuk menampilkan hasil yang disebut dengan terminal.
Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya
jauh dari terminal melalui alat telekomunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry Terminal atau Remote Batch
Terminal
Terminal
dapat digolongkan sebagai berikut :
1. Non Intelligent Terminal
·
Terbatas hanya berfungsi sebagai alat
pemasukkan input dan menampilkan output saja.
·
Terminal ini tidak bisa diprogram dan tidak
mempunyai processor
·
Contoh : teleprinter terminal, yaitu
terminal yang mempunyai keyboard untuk memasukkan data dan alat pencetak untuk
menampilkan hasil (contoh : mesin tik elektronik IBM).
2. Smart Terminal
·
Mempunyai microprocessor dan beberapa
internal memory didalamnya
·
Input yang dimasukkan dapat dikoreksi
kembali
·
Tidak dapat diprogram oleh pemakai
·
Contoh : kalkulator
3. Intelligent Terminal
·
Mempunyai mikroprocessor dan internal
memory didalamnya
·
Input dapat dimasukkan dan dikoreksi
kembali dan dapat dikirimkan kepusat komputer bila dihubungkan dengan pusat
komputer.
·
Dapat diprogram oleh pemakai.
Alat Input Langsung
·
Alat
input langsung yaitu input yang dimasukkan diproses
secara langsung oleh CPU tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media lain
(simpanan luar).
·
Keyboard,
alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke alat
proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
·
Pointing
Device, untuk keperluan tertentu, misalnya pembuatan gambar
atau grafik
·
Mouse,
pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar.
·
Touch
Screen, layar monitor yang mengaktifkan program bila bagian
tertentu dilayar disentuh dengan tangan.
·
Light
Pen,
untuk mengatur suatu titik dilayar dan komputer akan membaca lokasi tersebut.
Dengan light pen, posisi sentuhan dilayar akan lebih tepat dan lebih teliti.
·
Digitizer
Graphics Tablet, menggambar grafik secara elektronik
·
Scanner,
bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca. Alat input
scanner dapat berupa Magnetic Ink Character Recognition (MICR) dan optical data
reader.
Alat Input Tidak Langsung
·
Data yang dimasukkan tidak langsung
diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media machine readable form(bentuk yag hanya
bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya kartu Plong, pita magnetik atau disk
magnetik.
ALAT PEMROSES
Alat
pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah
data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan
dialat output.
Alat
pemroses terdiri dari:
1.
CPU (Central Processing Unit)
2.
Array Processor
3.
Main memory
CPU
CPU
merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada mikro komputer,
processor ini disebut dengan microprocessor.
Fungsi
CPU :
1.
Mengawasi, membimbing, mengontrol seluruh
sistem komputer selama proses pengolahan
2.
Addresing
Main Storage, artinya CPU dapat menentukan lokasi dalam main storage untuk disediakan data dan
instruksi
3.
Storing
Information ( menyimpan dan mengambil data)
4.
Arithmatic
Processing of Data, CPU dapat melakukan operasi perhitungan
sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Control Unit, operasi
·
Addition
(penjumlahan)
·
Subtraction
(pengurangan)
·
Division
(pembagian)
·
Multiplication
(perkalian)
5.
Logical Operation (operasi logika)
·
Comparing
(membandingkan)
·
Sortir
(mengurutkan)
·
Selecting
(memilih)
·
Merging
(menggabungkan)
6.
Sequencing
Instruction, CPU dapat mengontrol urutan-urutan
pengolahan sesuai dengan instruksi yang diberikan
7.
On/off input dan output.
Kecanggihan dan kemampuan komputer sangat ditentukan oleh
CPU. Kualitas komputer atau CPU nya sangat ditentukan oleh karakteristik dari
perangkat keras
1.
Speed,
kecepatan mengolah data dan informasinya
·
Kapasitas processor
·
Jumlah Memory
·
Kecepatan Storage
2. Capasity
·
Kemampuan mengolah data dan informasi
·
Jenis memory yang digunakan
3.
Accuracy
(ketelitian yang tinggi)
·
Monitor VGA/ VGA Card
·
Dipengaruhi adanya program software yang
pesat
4.
Easy
for Use (kemudahan dalam pemakaian)
·
Keyboard, display screen (ukuran dan kualitas)
·
Monitor yang tidak merusak mata
5.
Functionality
(kegunaan dalam pemakaian)
·
Special Purpose, multipurpose dan general
purpose
6.
Expancebility
(kemampuan pengembangan)
·
ditingkatkan daya kapasitasnya sebagai
kebutuhan
CPU terdiri dari dua bagian utama,
yaitu unit kendali (Control Unit)
dan ALU, dan mempunyai beberapa
simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
1. CONTROL UNIT
Bagian
ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem
komputer.
Tugas
dari Control Unit, sebagai berikut :
1.
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input
dan output
2.
Mengambil instruksi-instruksi dari main
memory
3.
mengambil dat dari man memory kalau
diperlukan oleh proses
4.
mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU
5.
menyimpan hasil proses ke main memory.
2. Arithmetic and Lagical Unit (ALU)
Tugas
utama : melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang sesuai
dengan instruksi program
Tugas
lainnya : melakukan keputusan dari operasi lagika sesuai dengan instruksi
program.
REGISTER
·
Register merupakan simpanan kecil yang
mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 – 10 kali dibandingkan dengan
kecepetan perekaman atau pengambilan data di main memory.
·
Register digunakan untuk menyimpan
instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi
dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main
memory.
·
CPU itu otak dan register itu ingatan
Ada
tiga macam memory yang dipergunakan dalam sistem komputer :
1.
Register, digunakan untuk menyimpan
instruksi-instruksi dan data yang sedang diproses
2.
Main memory, digunakan untuk menyimpan
instruksi-instruksi dan data yang akan diproses dn hasil dari pengolahan
3.
External Memory, digunakan untuk menyimpan
instruksi-instruksi dan data secara permanen
Ada
banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan
fungsinya, yaitu:
1.
Instruction
Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang
diproses.
2.
Program
Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan
alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses.
Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari
memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan
diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak
instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
3.
General
purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan
umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh,
register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah
disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan
disebut accumulator.
4.
Memory
data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau
instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang
akan direkam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU.
5.
Memory
address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat
data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan
diletakkan.
Sebagai
tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan cache memory atau buffer memory dengan maksud supaya kerja dari CPU
lebih efisien mengurangi waktu yang terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan
menunggu sampai data atau instruksi diterima di main memory atau menunggu hasil
pengolahan selesai dikirim ke main memory baru proses selanjutnya bisa
dilakukan, padahal proses di main memory lebih lambat dibandingkan dengan
kecepatan register. Cache memory diletakkan diantara CPU dan main memory.
Dengan
cache memory, sejumlah blok informasi di main memory dipindahkan ke cache
memory dan selanjutnya CPU akan berhubungan dengan cache memory.
MAIN MEMORY
CPU
hanya dapat menyimpan data atau instruksi di register yang ukurannya kecil,
sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk
keseluruhan proses dari program. Untuk mengatasi hal ini, maka alat pemroses
dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar, yaitu main memory.
Ukuran
dari main memory ditunjukkan oleh satuan :
Kilo
Byte (KB) = 1024 Byte
Mega
Byte (MB) = 1024 KB
Giga
Byte (GB) = 1024 MB
1
Byte = 8 bit
Main
Memory terdiri dari RAM dan ROM.
|
|||||||
|
|
|
RAM
Semua
data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu
di main memory, khususnya di RAM (Random Access Memory). RAM merupakan memory
yang dapat diaccess, yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.
Struktur
dari RAM dibagi memjadi 4 bagian :
1.
Input Storage, digunakan untuk menampung
input yang dimasukkan lewat alat input
2.
Program Storage, digunakan untuk menyimpan
semua instruksi-instruksi program yang akan diproes
3.
Working Storage, digunakan untuk menyimpan
data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
4.
Output Storage, digunakan untuk menampung
hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output
Input yang dimasukkan lewat alat input pertama kali ditampung
terlebih dahulu di Input Storage,
bila input tersebut berbentuk program, maka dipindahkan ke Program Storage dan bila berbentuk data, akan dipindahkan ke Working Storage. Hasil dari pengolahan
juga ditampung di Working Storage dan
hasil yang akan di tampilkan dialat ke alat output di pindahkan ke Output Storage.
ROM
ROM (Read Only Memory),
memory yang hanya dapat dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu ke
dalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa sistem operasi
yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer.
Hubungan antara CPU
dengan Main Memory dan alat-alat I/O
Hubungan antara CPU dengan Main memory ataupun alat-alat I/O
dilakukan dengan suatu jalur yang dinamakan BUS. Hubungan antara CPU dengan
main memory melaluai jalur bus dilekatkan pada MDR,MAR dan Control Unit di CPU.
Sedangkan bus yang menghubungkan antara CPU dengan alat-alat I/O tidak
diletakan langsung ke alat-alat I/O tersebut, tapi dapat melalui suatu alat I/O
port atau DMA Controller atau I/O Channel.
Bus merupakan suatu sirkuit yang
merupakan jalur transfortasi informasi antara dua tau lebih alat-alat dalam
sistem komputer.
Bus yang menghubungkan antara CPU dengan Main memory disebut
Internal Bus, sedang Bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat I/O disebut External Bus
Data Bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi data &
instruksi.
Address Bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi alamat di
main memory untuk data atau instruksi yang akan diambil atau akan direkamkan.
Control Bus adalah bus yang
digunakan untuk mengirimkan signal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu
informasi atau telah diterimanya informasi yang akan dikirimkan dari satu alat ke
alat yang lain.
Didalam internal bus, hubungan antara CPU dengan main memory
melalui data bus yang dihubungkan dengan MDR, address bus yang dihubungkan
dengan MAR dan control bus yang dihubungkan dengan control unit.
CPU
Pemrosesan Instruksi
Jika programmer menginginkan CPU akan mengerjakan sesuatu,
maka harus ditulis suatu instruksi yang dikenal CPU. Kumpulan dari instruksi
inilah yang disebut dengan program. Program yang akan diproses dan data yang
akan diolah oleh CPU, harus diletakkan terlebih dahulu di main memory (konsep
stored-program). Pemrosesan instruksi yang dilakukan oleh CPU mencakup 2 tahap,
yaitu Instruction Fetch dan Instruction Execute. Waktu yang dibutuhkan untuk
menyelesaikan pemrosesan tersebut disebut dengan cycle time.
1.
Instruction Fetch
Tahap pertama dari pemrosesan suatu instruksi dari CPU
disebut dengan Instruction Fetch, yaitu proses CPU mengambil atau membawa atau
menjemput instruksi dari main memory ke CPU. Penjemputan ini dilakukan dengan
langkah-langkah :
a.
Alamat dari instruksi yang
ada di Program Counter (PC) register diletakan di MAR. MAR dihubungkan ke Main
memory dengan address bus, sehingga alamat dari instruksi tersebut dikirimkan
ke main memory melalui address bus.
b.
Sementara itu control unit
di CPU mengirimkan signal permintaan membaca instruksi lewat control bus untuk
instruksi dialamat yang dikirimkan lewat address bus.
c.
Setelah mengirimkan signal
permintaan tersebut, CPU menunggu sampai menerima signal jawaban dari main
memory yang dikirimkan balik lewat control bus bahwa pengiriman instruksi telah
dilakukan dan telah berada di MDR lewat data bus.
d.
Instruksi yang telah
berada di MDR dipindahkan oleh CPU ke Instruction Register (IR).
e.
Alamat instruksi sebelumnya di PC register ditambah
satu yang merupakan alat dari instruksi berikutnya ke main memory.
2. Instruction Execute
Tahap kedua dari pemrosesan instruksi adalah proses dari CPU
untuk mengerjakan instruksi yang sudah dijemput (fetch) dari main memory dan
sudah berada di IR register.
CU di CPU mengartikan instruksi tesebut, menentukan dan
mengerjakan operasi apa yang harus dilakukan, dapat berupa
penjemputan/pengambilan data dari main memory, mengirim instruksi ke ALU untuk
melakukan operasi aritmatik atau logika dan menyimpan hasil pengolahan kembali
ke main memory.
Bila operasi yang dilakukan membutuhkan data, maka data
tersebut harus di jemput dari main memory, yang dapat dilakukan dengan
langkah-langkah berikut :
a.
Alamat dari main memory tempat data berada, yang
ditunjukan oleh operand alamat diletakan di MAR dan dikirimkan ke main memory
lewat address bus.
b.
CU mengirimkan signal
permintaanmembaca isi dari alamat memory tersebut ke main memory lewat control
bus
c.
CU menunggu signal balik
jawaban dari main memory bahwa data yang diminta sudah dikirimkan dan sebagai
hasilnya main memory mengirimkan data tersebut ke MDR lewat data bus
d.
Data yang berada di MDR
dikirim CU ke operand register.
Data yang ada di operand register tersebut siap untuk diolah
oleh ALU dan bila hasil pengolahan data akan direkamkan kembali ke main memory,
maka dapat dilakukan dengan langkah-langkan sebagai berikut :
a.
Alamat di main memory
tempat data akan direkamkan, yang ditunjukan oleh operand alamat diletakkan di
MAR dan dikirimkan ke main memory lewat address bus.
b.
Data hasil pengolahan yang
berada di accumulator dipindahkan ke MDR
c.
CU mengirimkan signal
permintaan tulis ke alamat memory tersebut ke main memory lewat control bus.
d.
CU menunggu signal balik
jawaban dari main memory lewat control bus bahwa perekaman data sudah
dilakukan.
CYCLE TIME
Waktu yang dibutuhkan menyelesaikan tahap pertama yaitu
Instruction Fetch disebut dengan waktu instruksi (Instruction Time).
Waktu yang dibutuhkan menyelesaikan tahap kedua yaitu
Instruction Execute disebut dengan waktu pengerjaan (Execute Time).
Tahap pertama dan
kedua secara keseluruhan disebut dengan siklus mesin (machine cycle) dan
seluruh waktu yang dibutuhkan oleh tahap pertama dan tahap kedua disebut dengan
waktu siklus (cycle time)
·
Mengambil instruksi dari mainmemory
|
·
Mengartikan instruksi
·
Mengerjakan instruksi
·
Merekam hasil ke main memory
|
ALAT OUTPUT
Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau
gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung
oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input
untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat
berupa:
·
Hard-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti kertas atau film. Sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat
dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum
digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
·
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada
media lunak yang berupa sinyal elektronik. Dapat berupa video display, flat
panel, dan speaker.
·
Drive device atau
driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang
hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic
tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat
input. Dan alat output yang menggunakan media magnetic disk adalah disk
drive, sedangkan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape
drive.