0

PENGERTIAN KOMPUTER

Posted by juzur namo on 21.16
PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.


Pengertian dan Definisi Komputer Menurut Para Ahli

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Pengertian dan Definisi Komputer Menurut Para Ahli


DEFINISI KOMPUTER MENURUT BEBERAPA PARA AHLI

Komputer berasal dari bahasa latin 'computare' yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).

Terbaru


Definisi komputer. Pengertian komputer menurut para ahli. Definisi komputer menurut para ahli. Arti komputer. Defenisi komputer. Pengertian komputer menurut beberapa ahli. Pengertian komputer menurut ahli.
Pengertian komputerisasi. Komputer menurut para ahli. Sejarah komputer menurut para ahli. Devinisi komputer. Definisi komputer menurut beberapa ahli. Jelaskan pengertian komputer. Definisi komputerisasi.
Defenisi komputer menurut para ahli. Pengertian program menurut para ahli. Pengertian definisi komputer. Pengertian pengolahan data menurut para ahli. Jelaskan definisi komputer. Pengertian komputer menurut hamacher. Pengertian komputer menurut blissmer.
Definisi tentang komputer. Pengertian komputer menurut fuori. Definisi komputer menurut ahli. Pengertian komputerisasi menurut para ahli. Definisi dari komputer. Pengertian sistem komputer menurut para ahli. Pengertian dan definisi komputer.
Arti komputer menurut para ahli. Pengertian komputer menurut. Definisi program menurut para ahli. Pengertian software menurut para ahli. Pengertian program komputer menurut para ahli. Definisi computer. Pengertian komputer dari beberapa ahli.
Definisi komputer menurut. Program menurut para ahli. 10 pengertian komputer menurut para ahli. Definisi komputer menurut blissmer. Arti dari komputer. Definisi komputer menurut para pakar. Definisi komputer menurut hamacher.
10 pengertian komputer. Pengertian komputer dari para ahli. Pengertian komputer secara bahasa. Pengertian computer menurut para ahli. Definisi komputer menurut fuori. Pengertian dan definisi komputer menurut para ahli. Pengertian komputer digital.
Gambar komputer. Pengertian komputer menurut bahasa. Pengertian dari komputer. Definisi komputer dari para ahli. Devenisi komputer. Pakar komputer. Pengertian program menurut jogiyanto.
Definisi pengertian komputer. Devinisi komputer menurut para ahli. Apa pengertian komputer. Pengertian komputer beserta gambarnya. Definisi komputer menurut donald h. sanders. Makalah pengertian komputer menurut para ahli. Komputer menurut hamacher.
Definisi komputer menurut robert h blissmer. Jelaskan tentang komputer. Pengertian komputer para ahli. Pengertian komputer menurut para ahlinya. Pengertian komputer menurut donald h. sanders. Pengertian komputer menurut para tokoh. Pengertian ilmu komputer.
Komputer menurut. Definisi sistem informasi menurut para ahli. Arti komputerisasi. Sejarah perkembangan komputer menurut para ahli. Pengertian komputer menurut parah ahli. Pengertian komputer menurut pakar. Defini komputer.
Pengertian tentang komputer. Komputer menurut ahli. Definisi dan pengertian komputer. Definisi sistem operasi komputer menurut para ahli. Jelaskan definisi dari komputer. Pengertian sistem komputerisasi menurut para ahli. Penjelasan definisi komputer.
Apa definisi komputer. Pengertian sistem informasi menurut beberapa ahli. Definisi definisi komputer. Sejarah komputer beserta gambarnya. Difinisi komputer. Asal kata komputer dari bahasa yunani. Pengertian komputer menurut 10 ahli.
Definisi komputer adalah. Pengertian komputer menurut jogiyanto. Pengertian komputer menurut para ahli komputer. Para ahli komputer. Definisi pengolahan data menurut para ahli. Jelaskan definisi. Sebutkan definisi komputer.
Pengertian komputer menurut para pakar. Pengertian manajemen operasi menurut para ahli. 
       
  1. Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  2. Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    1. menerima input
    2. memproses input tadi sesuai dengan programnya
    3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
    4. menyediakan output dalam bentuk informasi
  3. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
 Penggolongan Komputer 
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. 

Berdasarkan Data Yang Diolah
  1. Komputer Analog
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid

 Berdasarkan Penggunannya
  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
 Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Kecil (Small Computer)
  4. Komputer Menengah (Medium Computer)
  5. Komputer Besar (Large Computer)
  6. Komputer Super (Super Computer)
 Berdasarkan Generasinya
  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  5. Komputer Generasi Kelima
 Referensi
  1. V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
  2. Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
  3. William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.
 















0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Jujur Soaloon Sitangang All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.