0

Menjalankan Membuka Menulis dan Mengedit di Ms Excel dengan C# (C Sharp)

Posted by Jujur Sitanggang on 9:50 AM
Kadang-kadang sebuah aplikasi yang kita buat membutuhkan sebuah proses untuk print/cetak dokumen. walaupun di csharp sudah ada mekanisme tersendiri untuk melakukan print documnet, pada tutorial kali ini akan dibuat sebuah print dokument menggunakan interop office (memanggil dan menjalakan office), misalnya ada sebuah aplikasi sistem informasi karyawan, akan dibuat sebuah fitur tambahan dalam sistem informasi tersebut sehingga user dapat mencetak profile karyawan kedalam word sebelum akhirnya profile karyawan tersebut di cetak.
Untuk menjalankan interop office langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan "add reference" microsoft excel dari local komputer ke project yang akan dibangun, tentunya sebelum itu microsoft excel sudah terinstall.Perlu diketahui sebelumnya bahwa jika di local komputer kita terinstall office 2013 maka interop excel ini hanya bisa dijalankan di komputer yang terinstall office 2013, apabila add reference yang digunakan adalah office 2010 maka program hanya akan berjalan di office 2010 dan 2013, jika add reference yang dilakukan adalah office 2007 maka program mampu berjalan pada office 2007, 2010 dan juga 2013. maka dari disarankan melakukan add reference type office 2007 atau 2003, sehingga program akan mampu berjalan di semua versi office yang ada. Untuk lebih meningkatkan portabilitas program, silahkan gunakan target framework 4.0 atau diatasnya.
Berikut ini adalah potongan code program yang digunakan dan penjelasan singkat tentang code program tersebut.
Pada gambar dibawah ini menunjukan reference yang kita tambahkan secara manual, dari sini terlihat kalau proses penambahan add reference telah berhasil dilakukan. 
gambar1. Add reference office ke project
Gambar 2. Menambahkan reference code program
Berikut ini adalah function-function yang digunakan dalam program. dari gambar dibawah ini terlihat bawah ada 4 function, 1 event button. identitas, pendidikan dan SK adalah struct yang digunakan untuk menampung data yang akan dicetak ke excel. Function runningExcel merupakan function utama di program ini, dimana fucntion ini yang menjalankan program excel serta sekaligus melakukan passing data ke microsoft excel yang telah dibuka. function releaseObject adalah function yang digunakan untuk membebaskan memori-memori yang digunakan, sedangkan function BorderArround digunakan untuk proses membuat tabel pada excel.
gambar 3.  Full function yang digunakan di program
proses pembuatas program sudah selesai, jika program dijalankan kurang lebih hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar4. Tampilan program ketika pertama kali dijalankan
 Gambar 5. Hasil Running Excel

0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.