0

Pengertian Website, Hosting, Dan Domain

Posted by Jujur Sitanggang on 4:26 AM
PENGERTIAN WEBSITE
Website adalah sebuah halaman yang dibangun untuk menyampaikan informasi kepada pengguna. Informasi tersebut bisa berupa pesan, berita, cerita, video, kalimat ajakan atau yang lainnya. Untuk membuat sebuah situs/website diperlukan suatu yang namanya domain dan hosting. Dua istilah ini adalah komponen utama dalam membangun sebuah website sehingga dapat diakses oleh siapapun di seluruh penjuru dunia melalui internet. Hosting diibaratkan sebagai lahan kosong/kavlingan yang mempunyai luas lahan terbatas sedangkan domain diibaratkan sebagai alamat lokasi lahan kosong atau kavlingan tersebut. Di atas lahan itu nantinya dapat dibangun sebuah bangunan (website) baik berupa rumah (website personal), toko (toko online), ataupun gedung bertingkat (website organisasi atau perusahaan).

PENGERTIAN HOSTING
Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, file musik, file video, ataupun gambar. Hosting dapat juga diibaratkan sebagai Flash disk atau Hard disk, dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita. Untuk menghubungkan domain dan hosting agar dapat bekerja optimal, kita harus mengsinkronkan nameserver yang ada pada hosting ke domain manager. Nah, contoh nameserver adalah ns1.jagoanhosting.com dan ns2.jagoanhosting.com | Saat ini banyak registrar yang menyediakan domain dan hosting indonesia dengan fitur yang bersaing.
Saat ini penyedia jasa hosting banyak yang menyediakan layanan hosting yang berkualitas, ada yang FREE maupun yang PREMIUM (berbayar). Tentu saja hosting Premium menawarkan lebih banyak fasilitas daripada yang FREE. Di dalam hosting sendiri biasanya para penyedia layanan hosting sudah menyediakan sebuah auro installer website sehingga user lebih mudah dalam melakukan development websitenya secara online, tidak perlu melakukan development web secara offline.

Sebagai tambahan, bagi sobat yang berminat mendapatkan fasilitas hosting gratis, silahkan daftar DISINI.
- Fitur hosting gratis :
- Mendapat sub domain .esy.es
- Space 2GB, Bandwidth 100GB
- PHP dan MySQL, Site Builder
- Tanpa iklan atau banner
- dan mampu support dengan berbagai macam CMS atau auto installer web lainnya.

PENGERTIAN DOMAIN
Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan Internet. Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang. Nah, oleh karena itu digunakanlah domain untuk mempermudah pengguna untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya

Pentingnya Nama Domain

Nama domain dapat menunjang kesuksesan dari website Anda. Pemilihan nama domain yang salah akan berakibat fatal pada situs atau website Anda, website Anda akan menjadi sepi pengunjung. Jadi, sebaik mungkin Anda dapat memilih nama domain yang sesuai dan menggambarkan website yang Anda miliki. Nama domain tidak harus panjang, yang pasti harus unik dan mudah diingat oleh orang lain. Saat ini sudah beredar berjuta-juta website, jangan sampai domain kesayangan Anda menjadi milik orang lain.
Domain ada beberapa jenis, saya menggolongkannya menjadi TLD dan Free domain. TLD adalah kependekan dari Top Level Domain. Sedangkan free domain adalah domain yang bebas kita peroleh, tanpa mengeluarkan biaya.

Nama domain dikelola oleh organisasi nonprofit, yang bernama ICANN. Mereka yang mengatur bagaimana domain TLD bisa sampai sekarang ini.Domain mengarah ke web hosting melalui DNS Server, DNS mengarahkan domain pada web hosting.Setiap web hosting memiliki IP Address, IP Address inilah yang menjadi alamat web hosting. Domain hanyalah alat untuk mempermudah manusia menuliskan alamat web. Bayangkan jika kita harus mengingat 12 digit nomor untuk mengunjugi google, atau IP address versi 6 yang mencapai 16 digit.

Adakah nama domain yang gratis?

ada, tetapi umumnya domain gratis tidak sebaik domain berbayar, pasti ada kelemahan-kelemahan pada setiap pilihannya. Domain gratis biasanya menjadi halangan apabila kita mendaftarkan website/blog dengan domain gratis tersebut ke penyedia layana periklanan atau mau dikomersilkan, banyak penyedia layanan iklan atau layanan lainnya yang dalam TOS mereka tidak menyetujui website dengan domain gratis.
Nah saran saya Jika kamu berniat membuat website yang dikomersilkan, jangan mulai dengan domain dan hosting yang gratisan. Ingat, kecepatan adalah segalanya untuk bisnis dan free hosting biasanya tidak begitu cepat. Domain .com dan .net sangat cocok jika kita ingin membuat sebuah blog atau website komersil. Keduanya merupakan TLD domain yang sudah terbukti SEO.
Memilih hosting pun demikian, di luar sana sangat banyak hosting gratisan. Tetapi, ketika kita membuat suatu bisnis, memakai free hosting adalah sebuah kesalahan.
Sebagai Informasi Saja,jika sobat menginginkan domain dengan harga miring silahkan KlikDISINI atau bisa langsung lihat daftar harganya dibawah ini : 




Kunjungi Hosting Gratis
Kunjungi Domain Murah

0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.