0

Perkembangan Perangkat Lunak

Posted by Jujur Sitanggang on 11:44 PM
BAB 3.  Perkembangan Perangkat Lunak (Software)

3.1. Perkembangan Perangkat Lunak
Perkembangan software telah tumbuh dengan sangat pesatnya sejak beredarnya computer personal dipasaran.Dengan semakin murahnya computer, semakin banyak orang yang memilikinya dan pemakaian computer membutuhkan bermacam-macam perangkat lunak untuk mendayagunakan computer.Telah ribuan macam perangkat lunak yang tersedia dipasaran, terutama perangkat lunak paket yaitu program jadi untuk aplikasi tertentu.

3.1.1. Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
300 sm Sistem Kode yang pertama dicetuskan oleh bangsa yunani yang menggunakan signal obor untuk mengirimkan berita dari satu kota ke kota lain, dengan adanya sebuah system yang disebut dengan Polybius telegraph. Ada Augusta (1815-1853) merupakan orang pertama yang menulis perangkat lunak, diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine. Ada Augusta meninggal pada umur 38 tahun, karena kanker, Namanya kini diabadikan pada nama sebuah bahasa computer, yaitu ADA. Pada tahun 1938 ADA merupakan satu-satunya bahasa computer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan system strategi pertahanan.
Program mekanik yang pertama dicetuskan oleh Wallace J. Eckert (1902-1971) yang menggabungkan beberapa mesin akuntansi plong IBM yang berbeda, dan dibuatlah program mekanik yang mampu mengontrolnya.

3.1.1. Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama
Pemrogram pada masa ini kebanyakan para ahli teknik dan matematika yang tertarik menggunakan computer untuk masalah matematika. Program yang dibuat pada generasi ini dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit di dalam computer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin (machine language) yang disimpan di memori computer secara permanen. Biasanya program tersebut sifatnya unik untuk suatu aplikasi tertentu. Karena sulit maka diciptakanlah suatu bahasa pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dengan bahasa inggris yang diterjemahkan oleh computer kedalam bahasa computer, diantaranya FORTRAN, LISP, ALGOL, COBOL, LOGO,GPSS, RPG, APL, BASIC.  

3.1.2. Konsep Pemrograman Terstruktur Pertama
Edsger Djikstra mengumumkan suatu paper yang menekankan bahwa sejumlah kesalahandalam pemrograman dapat dihindari dengan mengurangi statement GO TO didalam program sebisa mungkin, sehingga program menjadi terstruktur. Yang termasuk dalam Pemrograman terstruktur diantaranya adalah PILOT, FORTH, PASCAL, PROLOG, C, COMAL.

3.1.2. Perkembangan Perangkat Lunak Paket
Sejak beredarnya computer personal, telah ribuan macam perangkat lunak untuk macam-macam aplikasi guna memenuhi kebutuhan user. Diantaranya ELECTRIC PENCIL, WORDSTAR, APPLE WRITTER, DBASE II, LOTUS 123.Dan banyak macam software untuk computer IBM PC dalam berbagai kebutuhan aplikasi antara lain aplikasi pengolah kata, Database dan file management, Akuntansi.  

3.1.2. Perkembangan Perangkat Lunak System Operasi
Sistem Operasi pertama kali dikembangkan pada tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk digunakan pada computer 701. Sistem computer untuk computer mini pertama dikembangkan tahun 1960, sebelum tahun ini OS hanya digunakan untuk komputer besar (mainframe).tahun 1969 Kenthompson menulis sebuah OS diebut dengan UNIX diterapkan pada computer PDP-7.Tahun 1970 komputer micro mulai dikembangkan bersamaan dengan OS yang disebut dengan CP/M. Sebelum tahun 1980, OS yang paling banyak digunakan dan dianggap standar adalah CP/M-80. Tetapi sejak tahun 1980 Microsoft Corporation mengembangkan OS dengan nama MS-DOS, untuk computer 16 bit.MS-DOS digunakan di computer micro dengan processor Intel 8088 atau 8086.




3.2. Perkembangan Software

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a0000.gif
Programming language atau bahasa program adalah suatu bahasa ataupun suatu tatacara yang dapat digunakan oleh manusia (programmer) untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer. Jenis programming language sangatlah banyak. Tetapi secara umum, pengertian programming language dapat dibagi menjadi dua, yaitu Low Level Language dan High Level Language.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5b0000.gif
Low level language adalah suatu bahasa program atau suatu tatacara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Dalam hal ini tatacara yang digunakan masih ber-orientasi dengan mesin, dikarenakan itu low level langugae juga disebut sebagai bahasa mesin.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5c0000.gif
Untuk menggunakan bahasa ini, programmer harus menuliskan instruksi untuk setiap instruksi secara jelas dan teliti. Setiap program dan data yang ditulis, harus ditentukan pula address dimana data dan program akan disimpan. Programmer juga harus mengetahui lokasi setiap indikator ataupun register dan program untuk seluruh fungsinya.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5d0000.gif
Satu-satunya simbol yang tersedia untuk mengkomunikasikan tindakan yang dilakukan dan meng-identifikasikan data adalah 0 dan 1. Instruksi yang ada harus ditulis dalam urutan dan aturan dimana mereka harus ditmapilkan. Oleh karena itu, apabila salah satu instruksi hilang karena terjadi kesalahan/kekuarang telitian, seluruh instruksi harus dire-alokasi-kan untuk membuat ruang guna menambahkan instruksi tersebut, dan ini berarti pengubahan lokasi data.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5e0000.jpg

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, bahasa mesin kemudian dikembangkan menjadi assembly language. Dengan adanya pengembangan ini, dimungkinkan untuk menuliskan program dengan menggunakan kode instruksi dan label yang mewakili lokasi penyimpanan dengan syarat komputer memiliki sarana untuk menterjemahkan kedalam bahasa mesin.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5f0000.jpg
Bahasa ini disebut sebagai assembly language dan program untuk menterjemahkannya kedalam kode mesin disebut sebagai asembler. Pada umumnya terdapat hubungan satu untuk satu antara masing-masing instruksi bahasa assembly dengan instruksi kode mesin. Gambar disamping menunjukkan versi asembly dari kode mesin.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5g0000.gif
Program yang ditulis oleh programmer dalam bahasa assembly disebut sebagai source program Jika program ini kemudian diubah kedalam bahasa mesin, disebut sebagai object program. Dengan adanya bahasa assembly ini, programmer tidak perlu meng-alokasikan address secara khusus, dan ia cukup memberikan nama atau label serta menginduksikan ukuran dan format yang diperlukan. Assembler kemudian bertanggung jawab atas pengalokasian dan penyimpanan.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5h0000.gif
Dengan menggunakan nama-nama simbolik untuk data dan kode-kode pengoperasian, tugas programmer dibuat lebih mudah dari pada menggunakan kode numeric bahasa mesin. Alokasi penyimpanan oleh assembler juga memungkinkan progremmer membuat perubahan-perubahan, penambahan dan penghilangan instruksi cenderung lebih mudah dan cenderung membuat kesalahan yang lebih kecil. Karena masih berhubungan dengan bahasa mesin, assembly sangat efisien dalam penggunaan fasilitas mesin.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5i0000.jpg
Bahasa assembly adalah low level language, yakni lebih dekat dengan kode mesin dari pada bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena masih berorientasi mesin, membutuhkan programmmer yang memiliki pengetahuan mesin secara baik. Transfer program bahasa mesin kemesin untuk type berbeda sering sulit dan dalam beberapa kasus tidak mungkin. Programmer masih harus mempelajari bahasa assembly untuk mesin yang berbeda.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5j0000.jpg
High level language merupakan suatu bahasa program atau suatu tata cara yang dapat digunakan untuk memberi perintah/instruksi kepada komputer. Tata cara yang ada sangat mirip dengan tata cara yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi. Dengan demikian, high level language lebih mudah untuk dipelajari. Semua kalimat, kata ataupun aturan yang ada didalam high level language, juga merupakan kalimat ataupun kata ataupun aturan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5h0000.gif
Karena jangkauan pemakai komputer adalah international, maka aturan ataupun kalimat ataupun kata-kata dasar yang digunakan pada high level language, kemudian disesuaikan dengan aturan-aturan dan kalimat yang ada dalam bahasa Inggris.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5k0000.gif
Jenis high level language cukup banyak, seperti misalnya BASIC, COBOL, FORTRAN dan lain sebagainya. Sama halnya dengan tatacara yang terdapat dalam bahasa assembly, penulisan program dalam high level language juga harus diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum proses dilakukan. Program penterjemah disebuh compiler atau interpreter.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5l0000.gif
Setiap bahasa didalam high level language mempunyai aturan dan tata cara sendiri-sendiri, demikian pula halnya dengan compiler ataupun interpreter yang ada. Hal ini juga bisa disamakan dengan bahasa yang digunakan oleh manusia, dimana antara satu bahasa dan bahasa lainnya tidaklah sama, dan semuanya memiliki aturan dan tatacara sendiri-sendiri.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5m0000.gif
Untuk bahasa BASIC misalnya, susunan programnya selalu terdiri atas tiga hal, yaitu line number, keyword dan body program. Dalam hal ini BASIC merupakan singkatan dari Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code. Basic menjadi sangat populer karena dapat dibuat dengan cara yang ber-struktur ataupun tidak, disamping itu, BASIC memiliki versi interpreter dan versi compiler.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5n0000.jpg
BASIC menjadi populer seiring dengan hadirnya microcomputer, yaitu pada akhir 70-an. Demikian populernya BASIC, sehingga banyak pabrik komputer PC pada saat itu yang membuat BASIC dalam versi ROM (Read Only Memory) disamping versi interpreter ataupun compiler. Sehingga pada saat komputer dinyalakan, komputer tersebut langsung siap menjalankan BASIC. Belum ada satu bahasa selain BASIC yang dibuat dalam pelbagai versi.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5o0000.jpg
Selain keunggulan-keunggulan tersebut, BASIC juga sangat cocok digunakan untuk pemula ataupun bagi programmer senior. BASIC juga cocok untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan bisnis ataupun persoalan scientific. Dengan adanya line number yang dimilinya, BASIC akan memproses program dari urutan yang kecil menuju keline number yang besar. Tetapi dengan adanya instruksi GOTO, proses ini bisa dibelokkan keurutan lainnya.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5p0000.gif

Bahasa berikutnya adalah COBOL yang merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language. Bahasa ini terbagi menjadi empat divisi, yaitu Identification Division, Environtment Devision, Data Devision dan Prosedure Devision. Susunan bahasa ini sangat rapi dan teliti sehingga menyerupai tulisan seorang manajer pada saat membuat laporan ataupun seorang pengarang sedang membuat buku
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5q0000.gif
Pada tahun 1959, CODASYL (Conference on Data System Language) didirikan dengan anggota yang terdiri dari wakil-wakil pemakai komputer dan pabrik. Dua tahun kemudian, spesifikasi pertama dihasilkan dengan nama COBOL. Akhirnya COBOL menjadi bahasa pemrograman yang digunakan paling luas dalam aplikasi komersial ataupun bisnis. Lebih dari 40% instalasi komputer didunia masih menggunakan COBOL.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5r0000.jpg
COBOL juga bisa dianggap sebagai suatu bahasa yang menggunakan sistem dokumentasi yang rapi dan teliti seperti halnya bahasa Inggris. Dengan adanya hal ini, pemakai menjadi mudah untuk membaca dan mengerti, dan programmer juga menjadi mudah untuk melakukan debug atau pemeriksaan program. Persoalan bisnis selalu memerlukan adanya data dalam jumlah yang besar, serta kecepatan untuk memprosesnya. COBOL menjawab dengan instruksi-instruksi yang sederhana dan mudah dimengerti.
C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5s0000.jpg
PASCAL Programming Language juga merupakan suatu bahasa, dimana nama yang ada diambil dari nama seorang ilmuwan Perancis yang sangat terkenal, yaitu Blaise Pascal. Bahasa ini tersusun dengan pola struktur yang mengalir dari atas kebawah. Disamping itu, sebuah program yang besar dapat dipecah-pecah dalam beberapa modul program yang lebih kecil. Dengan demikian, bahasa ini dapat mendorong seorang programmer untuk melihat sebuah persoalan secara logic.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5t0000.gif



Konsep pemrograman secara modular (suatu program yang dibagi dalam beberapa bentuk modul) yang sangat menarik diperkenalkan oleh Turbo Pascal mulai versi 4.0. Modul ini dikenal dengan unit (Turbo Pascal UNIT/TPU). Dengan menggunakan unit, suatu modul bagian dari program dapat dikompilasi secara terpisah terhadap program utama, sehingga hasil compilasi program utama tidak terlalu besar. Dengan demikian apabila program dijalankan, tidak memerlukan memory yang terlalu besar.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5u0001.jpg
Dengan adanya pola program yang terstruktur (structured programming) yang juga merupakan salah satu rancangan teknik, maka bentuk program PASCAL menjadi standart sehingga mudah untuk melakukan pelacakan arah program ataupun saat diperlukan perbaikan. PASCAL menggunakan instruksi IF-THEN-ELSE dan DO-WHILE untuk mengontrol struktur dari program yang dimilikinya.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5v0000.jpg
dBASE Programming merupakan salah satu high level languge yang telah dikembangkan sedemikian rupa secara specifik untuk microcomputer, sehingga memungkinkan adanya penggunaan software secara minimum, tetapi pemakai dapat dengan mudah dan cepat dapat menentukan, membangun dan kemudian meng-access (memanggil kembali) file-file yang mereka miliki.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5w0000.jpg
Dengan adanya hal ini, pemakai dapat dengan mudah mengolah dan membuat laporan dari file mereka sendiri secara interaktif melalui keyboard dan layar monitor ataupun printer. dBase juga menawarkan suatu penulisan dan penyimpanan urutan-urutan tindakan, dan mengulanginya jika diperlukan. Dengan kata lain, dBase adalah bahasa yang diinterpetasikan dan menghasilkan kode intermediate.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5x0000.jpg
Para pengguna komputer berbasis Windows, kini menggunakan bahasa pemrograman berbasis objek Bahasa pemrograman yang ditawarkan dengan banyak kemudahan ini, menggunakan kosa kata yang cantik, yakni Visual, sehingga kita mengenal adanya Delphi milik Borland, Visual C++, Visual Basic, atau Oracle, PowerBuilder, Visual dBase, Visual Foxpro, untuk aplikasi database.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5y0000.jpg
Visual Basic dari Microsoft Corporation, merupakan bahasa pemrograman yang secara cepat dan mudah dapat digunakan untuk membuat aplikasi pada Microsoft Windows.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5z0000.jpg
Kata "Visual" yang ada, menunjukkan cara yang digunakan untuk membuat graphical user interface (GUI). Dengan cara ini kita tidak lagi memerlukan penulisan instruksi pemrograman dalam kode-kode baris, tetapi dengan secara mudah kita dapat melakukan drag dan drop objek-objek yang akan kita gunakan.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1000.jpg
Kata "Basic" merupakan bagian bahasa BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code), yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programmer untuk menyusun aplikasi. Visual Basic dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC dan sekarang banyak berisi statemen, fungsi, dan keyword, yang beberapa diantaranya terhubung ke Windows GUI. Versi terbaru program ini menggunakan nomor versi 6.0

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2000.jpg
Guna menyusun sebuah aplikasi, kita hanya membutuhkan beberapa menit saja. Dengan membuat user interface melalui kontrol "drawing", seperti halnya text box dan command button, dalam sebuah form. Selanjutnya kita dapat mengatur properti untuk form dan kontrol yang ada di dalamnya. Misalnya memberi nilai caption, color, dan size. Untuk proses terakhir, kita dapat menuliskan kode untuk memasukkannya ke dalam sebuah aplikasi.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a3000.jpg

Jika kita sudah mengetahui urutan proses pembuatan aplikasi diatas, hal ini akan membantu untuk mengetahui konsep di mana Visual Basic membangun sebuah aplikasi. Karena Visual Basic merupakan bahasa pemrograman Windows, yang telah lama "bersahabat" dengan para pemakainya dan banyak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan penggemarnya, hal ini akan memudahkan programmer versi BASIC. Jika kita seorang programmer Windows baru, masih memerlukan pemahaman yang mendasar dari sebuah program.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a4000.jpg
Visual Basic 6.0 dapat digunakan dalam tiga edisi, dimana setiap edisinya menunjukkan fasilitas dan kemampuan sendiri-sendiri.
    • Edisi Learning
Di dalam edisi ini para programmer diberi kesempatan untuk membuat sebuah aplikasi sederhana Microsoft Windows dan Windows NT secara mudah. Di dalamnya disertakan beberapa kontrol sederhana, ditambah grid, tab, dan kontrol data-bound.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a5000.jpg
    • Edisi Professional
Di dalam edisi ini disertakan tool-tool yang lengkap. Di samping berisi semua fasilitas yang ada dalam edisi Learning, juga ditambah kontrol ActiveX, Desainer Aplikasi Informasi Internet, Integrated data Tools dan Data Environment, Active Data Objects, serta Dynamic HTML Page Designer.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a6000.jpg
    • Edisi Enterprise
ini memberikan ijin kepada para profesional untuk membuat aplikasi dalam sebuah tim. di dalamnya dimasukkan semua fasilitas yang ada pada edisi Professional, ditambah tool Back Office seperti SQL Server, Microsoft Transaction Server, Internet Information Server, Visual SourceSafe, SNA Server, dan masih banyak yang lainnya.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a7000.jpg
Keuntungan Menggunakan Visual Basic
Produk-produk Microsoft lainnya seperti Microsoft Word, Excel, ataupun Access, menyediakan fasilitas untuk mengoptimalkan kegiatan melalui fasilitas makro. Jika kita perhatikan, makro merupakan pemrograman yang dikhususkan untuk program aplikasi tersebut. Sintaks bahasa Basic juga digunakan dalam pemrograman ini atau disebut dengan Visual Basic for Application (VBA). Dengan demikian, jika kita telah mengenal Visual Basic, kita akan dengan mudah untuk melakukan pemrograman menggunakan aplikasi-aplikasi ini.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a8000.jpg
Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan Internet, peluang memanfaatkan Internet untuk tujuan bisnis sudah merupakan hal yang tidak terelakkan lagi . Untuk mengantisipasi hal ini, Microsoft juga telah merencanakan untuk mengembangkan pemrograman khusus Internet yang menggunakan bahasa Visual Basic yang disebut dengan Visual Basic Script.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a9000.jpg
Visual Foxpro 6.0 merupakan versi terbaru dari generasi FoxPro. FoxPro sendiri merupakan perangkat lunak yang tidak hanya terbatas untuk membangun aplikasi berbasis database, melainkan juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat label surat misalnya.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1001.jpg
Visual FoxPro 6.0 datang bersama produk-produk Microsoft lain dalam paket Visual Studio 6.0, seperti Visual Basic, Visual C++, dan lainnya. Dalam versi terbarunya ini, Visual FoxPro mempunyai banyak sekali fasilitas-fasilitas baru yang tidak akan kita dapatkan pada versi sebelumnya.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1100.jpg
FoxPro adalah sebuah Sistem Manajemen Database (Database Management System/ DBMS) elektronik, yang membantu kita untuk mengumpulkan, mengambil dan menampilkan data. Sedangkan Visual Foxpro sendiri adalah bahasa pemrograman visual yang berorientasi pada obyek dan juga sebagai Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS). Visual FoxPro mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dipunyai oleh bahasa pemrograman lain.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1200.jpg
Beberapa fasilitas baru yang dimiliki oleh Visual FoxPro versi 6.0 adalah:
    • Access dan Assign Methods
Metode ini digunakan untuk mengeksekusi kode ketika nilai sebuah properti diquerikan atau ketika kita berniat mengubah nilai properti. Keuntungannya adalah kita dapat membuat sebuah interface publik untuk sebuah class atau objek yang memisahkan interface dari implementasi. Keuntungan lainnya adalah, kita dapat dengan mudah meng-implementasikan validasi properti dan juga dapat melindungi properti dalam kontrol ActiveX yang di-subclass-kan.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1300.jpg
    • Active Document
Sebuah Active Document adalah sebuah Windows-based, aplikasi non-HTML yang diletakkan pada sebuah browser. Active Document menyediakan sebuah cara untuk fungsionaliti sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui interface browser. Aplikasi Active Document Visual FoxPro sama seperti aplikasi Visual FoxPro lain yang dapat kita jalankan, seperti form, laporan dan label, peng-kelas-an siap pakai, dan memanipulasi data, tetapi juga ditambahkan keuntungan lain dalam container Active Document, seperti Internet Explorer.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1400.jpg
    • Component Gallery
Component Gallery adalah tool baru yang membantu untuk mengumpulkan dan mengorganisasikan objek seperti librari class, form, button, dan lain-lain ke dalam objek, proyek, aplikasi atau group lainnya. Tool ini sangat dinamik sehingga kita dapat menggunakan, menggadakan atau mengatur kembali komponen antara beberapa klasifikasi dengan Componen Gallery. Component Gallery juga mengandung class pembentuk Visual FoxPro baru yang menyediakan fungsi "right-out-of-the-box".

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1500.jpg
    • Aplikasi Coverage Profiler
Aplikasi Pengulas (Coverage) menulis informasi tentang baris kode mana dalam sebuah file yang kita jalankan. Aplikasi Penampang (Profiler) menyediakan informasi tentang baris mana yang dijalankan, berapa lama, durasi, dan lain sebagainya. Pengulas dan Penampang digunakan untuk mengidentifikasi area masalah dalam sebuah aplikasi, terutama kode yang terlewat dan performansi "leher botol". Visual FoxPro Coverage Profiler juga menyediakan sebuah mesin Coverage yang dapat digunakan menurut keinginan, dan sebuah aplikasi multi jendela yang dapat digunakan untuk menganalisa program dan proyek.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1600.jpg
    • GIF dan JPEG
Untuk lebih jauh mendukung kemampuan operasi antar Internet, Visual FoxPro ditingkatkan untuk mendukung format file grafis GIF (Graphics Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic Electronic Group).

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1700.jpg

    • HTML Help
HTML Help adalah solusi Microsoft untuk membawa isi Help ke dunia Internet. Visual Studio datang dengan HTML Help Workshop sehingga Anda dapat membuat dan mendistribusikan file HTML Help dengan aplikasi Visual FoxPro.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1800.jpg
    • Elemen-elemen bahasa baru
Bahasa Visual FoxPro ditingkatkan untuk menyederhanakan tugas pemrogram. Dan juga, banyak fungsi manipulasi nama file yang tersedia dalam Foxtools.fll, perpustakaan Visual FoxPro, telah ditambahkan pada Visual foxPro.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a1900.jpg
    • OLE Drag & Drop
Visual FoxPro sekarang mendukung OLE (Object Linking & Embedded) drag-and-drop, sebuah tool yang canggih dan berguna untuk memindahkan data ke aplikasi lain yeng mendukung OLE drag-and-drop (seperti Visual Basic, Windows Explorer, Microsoft Excel dan Word). Dalam pendistribusian aplikasi Visual FoxPro, Anda dapat memindahkan data antara kontrol dalam aplikasi, atau antara kontrol dan aplikasi Windows lain yang mendukung OLE drag-and-drop.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2001.jpg
    • Automation Server
Visual FoxPro mengalami peningkatan yaitu pengotomatisan server yang bekerja baik dengan produk dan teknologi seperti Microsoft Visual Basic, Microsoft Transaction Server, dan Active Server Pages.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2100.jpg
    • Wizard dan Builder baru
Selain peningkatan beberapa wizard yang sudah ada, Visual FoxPro datang dengan wizard-wizard dan builder baru yang membantu dalam membangun aplikasi, membuat database, mempublikasikan data kita pada Web, membentuk pemodelan objek, dan membuat wizard sendiri.

    • Dukungan Year 2000 Date
Beberapa bahasa tingkat tinggi telah ditambahkan pada Visual FoxPro untuk mendukung penanggalan Year 2000 dalam kode aplikasi

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2300.jpg
Visual C++ adalah bahasa pemrograman C++ versi Microsoft. Didasarkan pada bahasa C, C++ adalah versi pembaharuan dari C yang mengambil bahasa C ke evolusi bahasa pemrograman aras berikutnya - yang menyediakan pemrograman berorientasi objek.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2400.jpg
Visual C++ adalah bahasa yang dikompilasi. Sebuah compiler C++ (bahasa pemrograman C++ yang merupakan bagian dari Visual C++ kita) mengambil instruksi-instruksi bahasa C++ dan menterjemahkannya ke dalam format yang dapat dibaca komputer. Kompiler C++ adalah perangkat yang digunakan komputer untuk memahami instruksi-instruksi bahasa C++ di dalam program Anda. Microsoft Visual C++ datang bersama editor miliknya dan lingkungan pemrograman terpadu yang membuat pemrograman menjadi mudah dikelola.

Setelah Anda menulis kode Visual C++, Anda menjalankannya melalui Visual C++, menghasilkan instruksi yang terkompilasi dengan benar dan menjalankan program tersebut.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2600.jpg
Sebuah praprosesor membaca pengarah praprosesor program untuk mengontrol pengkompilasian. Perhatikan bahwa program Visual C++ Anda harus dilewatkan melalui praprosesor sebelum program dikompilasi. Praprosesor membaca simbol-simbol khusus di dalam kode yang disebut pengarah praprosesor yang Anda masukkan di dalam program, untuk mengontrol pengkompilasian program. Visual C++ dengan sendirinya membentuk langkah praprosesor, sehingga tidak perlu pemahaman tambahan bagi Anda selain meletakkan pengarah praprosesor ke dalam program-program Anda.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2700.jpg
Program Anda harus melalui tahapan terakhir setelah pengkompilasian dan sebelum pengeksekusian. Tahapan ini disebut tahapan linking atau link editing. Pada saat program Anda di-link, program yang disebut linker memasok informasi yang diperlukan saat pengeksekusian ke program yang dikompilasi. Anda juga dapat menggabungkan beberapa program yang dikompilasi ke dalam sebuah program yang dapat dieksekusi dengan melakukan link.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2800.jpg
Ide munculnya Delphi sebenarnya berasal dari bahasa pemrograman yang cukup terkenal, yaitu Pascal. Pada tahun 1992 Borland International menggabungkan Turbo Pascal for DOS dan Turbo Pascal For Windows menjadi satu paket bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama Borland Pascal versi 7. Karena pemrograman Windows dengan Borland Pascal masih dirasa cukup sulit, maka sejak tahun 1993 Borland International mengembangkan bahasa Pascal yang bersifat Visual. Hasil dari pengembangan ini adalah dirilisnya Borland Delphi tahun 1995.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a2900.jpg
Sekitar satu tahun sesudahnya, yaitu tahun 1996, Borland International merilis Borland Delphi 2 yang dikhususkan untuk sistem operasi Windows 95 dan Windows NT. Sampai saat ini Borland telah merilis versi terbarunya yaitu Borland Delphi 6.

C:\Documents and Settings\Metal\My Documents\Immortal\Hasil Penelusuran Gambar Google untuk http___kuliah.dinus.ac.id_edi-nur_images_new_4-5u.jpg_files\4-5a3001.jpg
Borland Delphi 6 adalah lingkungan pengembang aplikasi cepat yang pertama untuk Windows yang mendukung penuh layanan Web. Dengan Delphi 6, pengembang kelompok atau individu dapat membentuk generasi berikutnya dari aplikasi e-business di Internet dengan cepat dan mudah.

Sistem Operasi
Sampai detik ini, banyak sekali jenis-jenis operasi sistem yang ada, berkembang dan dikembangkan di berbagai belahan dunia. Operasi yang paling banyak didominasi seperti sistem operasi windows, linux beserta distro-distronya, juga mac OS dan masih banyak sistem operasi lain yang booming di dunia. Dalam makalah ini, kami akan mencoba memberikan sedikit gambaran apa yang disebut dengan sistem operasi itu, beserta bagian-bagiannya dan bagaimana perkembangannya sampai saat ini.
Sistem operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang bertanggung jawab untuk mengendalikan langsung dan mengelola perangkat keras dan pengoperasian dasar sistem, termasuk juga menjalankan bermacam aplikasi di atasnya misalnya pengolah kata atau perambah website. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
  1. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  2. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil     oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru, mengizinkan beberapa aplikasi yang berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System.
  1. Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
  1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x    hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x,      Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan       dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
mhtml:file://D:\TIP\XX\Mac%20OS%20x%20«%20FLORANGE.mht!http://images.apple.com/macosx/what-is-macosx/images/core_unix_20090824.jpg
Gambar Logo OS Unix
  1. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalaMac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran       versi 10.5 (Leopard).

Dari sekian banyak itu, akan coba kami paparkan perkembangan sistem operasi yang berkembang di seluruh dunia. Makalah ini akan menguraikan sejarah sistem operasi dari DOS, Mac, Windows, BS, sampai Linux.

1980
  • QDOS  : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS       karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.
  • Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.

1981
  • PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.
  • MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.

1983
  • MS DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT.

1984
  • System 1.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse.
  • MS DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.
  • MS DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MSDOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.

1985
  • MS Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MSWindows, sistem operasi yang telah menyediakan  lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk    performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.
  • Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.

1986
  • MS DOS 3.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy  3.5 inch 720 KB.

1987
  • OS/2 : IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis, sebagai calon pengganti IBM PC DOS.
  • MS DOS 3.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS.
  • Windows 2.0 : Windows versi 2.0 diperkenalkan.
  • MINIX : Andrew S. Tanenbaum mengembangkan Minix, sistem operasi berbasis Unix yang ditujukan  untuk pendidikan. MINIX nantinya menginspirasi pembuatan Linux.

1988
  • MS DOS 4.0 : Microsoft mengeluarkan MSDOS 4.0 dengan suasana grafis.
  • WWW : Proposal World Wide Web (WWW) oleh Tim BernersLee.

1989
  • NetWare/386 (juga dikenal sebagai versi 3) diluncurkan oleh Novell untuk prosesor Intel 80386.

1990
  • Perpisahan : Dua perusahaan raksasa berpisah, IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft berkonsentrasi pada Windows.
  • Windows 3.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik.
  • MSOffice : Microsoft membundel Word, Excel, dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.
  • DR DOS : Digital Research memperkenalkan DR DOS 5.0.

1991
  • Linux 0.01 : Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.
  • MS DOS 5.0 : Microsoft meluncurkan MSDOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full-screen editor,  undelete, unformat dan Qbasic.
1992
  • Windows 3.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11 di tahun berikutnya.
  • 386 BSD : OS berbasis Open Source turunan dari BSD Unix didistribusikan oleh Bill Jolitz setelah meninggalkan Berkeley Software Design, Inc (BSDI). 386 BSD nantinya menjadi induk dari proyek Open Source BSD lainnya, seperti NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD.
  • Distro Linux : Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari OS plus program aplikasi. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux System).

1993
  • Windows NT : Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS  didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.
  • Web Browser : NCSA memperkenalkan rilis pertama Mosaic, browser web untuk Internet.
  • MS DOS 6.0 : Microsoft memperkenalkan MSDOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi  harddisk DoubleSpace.
  • Slackware : Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertama di kalangan pengguna Linux.
  • Debian : Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat OS berbasis Linux dengan nama Debian.
  • MS DOS 6.2 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6.2.
  • NetBSD : Proyek baru OS berbasis Open Source yang dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan menggunakan nama NetBSD.
  • FreeBSD : Menyusul NetBSD, satu lagi proyek yang juga dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan  nama FreeBSD.



1994
  • * Netscape : Internet meraih popularitas besar saat Netscape memperkenalkan Navigator sebagai browser Internet.
  • MSDOS 6.22 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.
  • FreeDOS : Jim Hall, mahasiswa dari Universitas WisconsinRiver Falls Development mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.
  • SuSE : OS Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System Entwicklung GmbH (SuSE) dan dibuat dari distro Linux pertama, SLS.
  • Red Hat : Marc Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux.

1995
  • Windows 95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari.
  • PC DOS 7 : IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer pengkompres data Stacker dari Stac Electronics. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC DOS.
  • Windows CE : Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik.
  • PalmOS : Palm menjadi populer dengan PalmOS untuk PDA.
  • OpenBSD : Theo de Raadt pencetus NetBSD mengembangkan OpenBSD.

1996
  • Windows NT 4.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0

1997
  • Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.

1998
  • Windows 98  : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil  menumbangkan dominasi Netscape Navigator.
  • Server Linux : Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan menggantikan  server berbasis       Windows NT.
  • Google : Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai  servernya.
  • Japan Goes Linux : TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia, khususnya di Jepang, China dan Korea.
  • Mandrake : Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat.

1999
  • Support : Hewlett Packard mengumumkan  layanan 24/7 untuk distro Caldera, Turbo Linux, Red Hat dan SuSE.
  • Corel Linux : Corel pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux, ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan yang  nantinya beralih nama menjadi Xandros.

2000
mhtml:file://D:\TIP\XX\Mac%20OS%20x%20«%20FLORANGE.mht!http://blogs.pcworld.co.nz/pcworld/products/leopard.jpg
Gambar Logo Mac OS/X
  • Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X.
  • Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.
  • Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dar Windows 95.
  • China Goes Linux : Red Flag Linux diluncurkan dari Republik Rakyat China
  • Microsoft vs IBM : CEO Microsoft Steve Ballmer menyebut Linux sebagai kanker dalam sebuah  interview dengan Chicago SunTimes. Di lain pihak, CEO IBM Louis Gartsner menyatakan dukungan  pada Linuxdengan menginvestasikan $ 1 milyar untuk pengembangan Linux.

2001
  • Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP.
  • Lindows: Michael Robertson, pendiri MP3.com, memulai pengembangan Lindows yang diturunkan dari Debian. Nantinya Lindows berganti nama menjadi Linspire karena adanya tuntutan  perubahan nama oleh       Microsoft.

2002
  • Open Office : Program perkantoran berbasis Open Source diluncurkan oleh Sun Microsystem.
  • OS Lokal : OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka,  WinBI, RimbaLinux, Komura.

2003
  • Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.
  • Fedora : Redhat mengumumkan distro Fedora Core sebagai penggantinya. Nantinya ada beberapa distro lokal yang dibuat berbasiskan Fedora, seperti BlankOn 1.0 dan IGOS Nusantara.
  • Novell : Ximian, perusahaan pengembang software berbasis Linux dibeli oleh Novell, begitu juga halnya dengan SuSE yang diakuisisi oleh Novell.
  • LiveCD : Knoppix merupakan distro pertama Linux yang dikembangkan dengan konsep LiveCD  yang bisa dipergunakan tanpa harus diinstal terlebih dahulu. Distro lokal yang dibuat dari Knoppix  adalah Linux   Sehat dan Waroeng IGOS.

2004
  • Ubuntu : Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa  versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis       XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).

2005
  • Mandriva : Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva.

2006
  • Unbreakable Linux : Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari Red Hat Enterprise.
  • CHIPLux : Distro lokal terus bermunculan di tahun ini, bahkan Majalah CHIP yang lebih banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat distro Linux dengan nama CHIPLux, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva). CHIPLux merupakan distro lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD.

2007
  • Vista : Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua       keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.


2008
  • 3D OS : Tidak seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Desktop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi 3D Desktop di Indonesia       ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh  PC LINUX. Ada beberapa versi yang disediakan, yaitu versi 3D OS untuk pengguna umum serta versi distro warnet Linux dan game center Linux.
  • Untuk sistem operasi yang terbaru masih dalam tahap versi beta dari windows yaitu windows 7. Windows 7 ini menyempurnakan sistem operasi windows vista dan menggunakan keunggulan windows xp. Untuk kompatibelitas hardware masih dalam proses berlanjut dengan meng-update windowsnya.


    Software aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata,lembar kerja dan pemutar mediaBeberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan Open Office.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antar mukapengguna, yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

Klasifikasi aplikasi
  Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:
  1. Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
  2. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
  3. Perangkat lunak informasi kerja
  4. Perangkat lunak media dan hiburan
  5. Perangkat lunak pendidikan
  6. Perangkat lunak pengembangan media
  7. Perangkat lunak rekayasa produk
     Perangkat lunak perusahaan
  • Perangkat lunak akutansi
  • Bagian pendukung (back office)
  • Manajemen sumber daya manusia
     Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
  • Perangkat lunak alur kerja bisnis
  • Sistem manajemn basis data
  • Manajemen asset digital
  • Manajemen dokumen
  Perangkat lunak informasi kerja
  • Manajemen waktu dan sumber daya
  • Manajemen data
  • Dokumentasi
  • Perangkat Lunak Analitik
  • Perangkat Lunak Kolaborasi
  Perangkat lunak media dan hiburan
  • Media digital
  • Perangkat lunak hiburan
 Perangkat lunak pendidikan
  • Manajemen ruang kelas
  • Manajemen survei
  • Manajemen pelatihan
  • Perangkat lunak kesiapan penjualan
 Perangkat lunak pengembangan media
  • Perangkat lunak seni grafis
  • Penyuntingan media
 Perangkat lunak rekayasa produk
  • Rekayasa perangkat keras
  • Rekayasa perangkat  lunak

   Sotware utility
   Software Utility yaitu software yang melakukan tugas-tugas khusus yang berkaitan dengan penanganan kinerja komputer, perangkat input, dan outputnya, serta program lain dalam sebuah komputer. Fungsi yang dilakukan oleh program utility ini antara lain, melihat file (file viewer), men-scan (memeriksa) disk dan merawat sistem, meng-kompress (memadatkan) file, serta mendeteksi dan menghilangkan virus.
Beberapa kelompok software utility yaitu, File Viewer, Disk Scanner, File Compression, dan Antivirus
a. File viewer
   Software file viewer adalah program yang dapat menampilkan isi sebuah file. Dalam windows 98 terdapat program yang disebut quick view untuk melihat isi file teks dan imaging preview untuk melihat isi file grafik. Contoh file viewer yang berdiri sendiri yaitu ACDsee, Irfan View, dan Thumb Plus
b. Disk scanner
  Yang termasuk ke dalam kategori disk scanner yaitu software software yang bisa melakukan satu atau lebih tugas berikut seperti, mendeteksi dan memperbaiki eror pada disket atau hardisk, mencari dan menghapus file-file yang tidak diperlukan oleh sistem operasi, dan mengorganisasikan file-file dalam harddisk
c. File compression
  Progam file compression atau kompresi berfungsi untuk memadatkan isi file sehingga ukurannya menjadi lebih kecil, tetapi data dan informasi yang trdapat dalam file tidak berkurang. Contoh, dengan dikompres, sebuah fie yang aslinya berukuran 900 kilobyte, bisa berubah menjadi berukuran 50 kilobyte. Program kompresi yang terkenal adalah WinZi
d. Antivirus
  Program antivirus berfungsi untuk mencegah masuknya virus ke komputer sekaligus membersihkan virus yang ada di komputer. Contoh program antivirus antara lain, Norton Antivirus, Kaspersky Antivirus, AVG Antivirus, Antivir Avira Workstation, dan Panda Antivirus.





0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.