0

Contoh Rumus-Rumus pada Microsoft Excel Micorsoft Office Excel

Posted by jujur on 6:16 PM

Contoh Rumus-Rumus pada Microsoft Excel

Micorsoft Office ExcelRumus-rumus di MS-Excel sebenarnya banyak, lebih banyak dari yang pernah Anda bayangkan (meski tak menyentuh angka ribuan). Mempelajari semua rumusnya hanya akan membuat Anda botak! Padahal rumus yang dipakai palingan 5-20 rumus saja. Karena itu, saya menuliskan sedikit rumus yang tersedia dan yang sering dipakai. Saya berusaha menuliskannya dengan baik dan mudah dimengerti. Semoga Anda paham maksud rumus-rumus tersebut. Rumus-rumus ini aslinya ditulis dalam Bahasa Inggris dan beberapa dengan singkatan, sehingga saya agak kesulitan (bahkan keterangannya juga tidak cukup menjelaskan maksud beberapa rumus ini).
Untuk mengambil nilai tahun dari suatu tanggal.
Sekian artikel saya, saya mohon maaf bila ada beberapa hal yang kurang dimengerti. Rumus-rumus MS-Excel sebenarnya masih banyak, dan saya agak kesulitan untuk menuliskan rumus-rumus selain yang telah saya tampilkan di atas (menulisnya saja sudah cukup merontokkan rambut! :) ). Terima kasih telah membaca artikel ini.

 

Rumus - Rumus pada Microsoft Exel

RUMUS - RUMUS PADA EXCEL

  • Rumus AND Excel digunakan untuk dua logika (kriteria) atau lebih yang semuanya harus memenuhi syarat maka menghasilkan nilai TRUE. Jika salah satu logika tidak terpenuhi sesuai dengan syarat yang ditetapkan, maka akan menghasilkan nilai FALSE.
Penulisan atau bentuk dasar rumus AND
=AND(logika_1,logika_2)
Tanpa basa-basi langsung dipraktikkan. Saya mengambil contoh yang sudah dipakai rumus OR. Cuma diganti rumusnya menjadi AND.
=AND(A1=5,B1>7)
Rumus ini menghasilkan nilai TRUE jika sel A1 berisi 5 dan B1 lebih besar dari 7. Ketika salah satunya tidak memenuhi syarat tersebut maka akan menghasilkan FALSE.
  1. Fungi Left
  1. Fungsi Mid
  1. Fungsi Right

Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel

  1. SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  2. AVERAGE    : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  3. MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  4. MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  5. COUNT        : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range


Cara pengerjaan :
Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.

Kelebihan san Kekurangan Microsoft Excel 2007 dan Microsoft Excel 2010

  1. Banyak fitur lebih mudah dieksplorasi dibanding ms excel 2003.
  2. Rumus-rumusan dan Formula pada Excel lebih mudah direferensikan.
  3. Tampilan menu yang praktis sehingga akan mempercepat Anda dalam bekerja.
  4. Adanya perbaikan integrasi antar aplikasi dalam Office 2007.
  5. File yang korup lebih gampang untuk diselamatkan.
  6. Microsoft Excel 2007 menyediakan 1.084.576 baris dan 16.384 kolom. Jauh lebih banyak daripada Ms Excel 2003
  7. Performa manajemen memori yang lebih besar dibanding Ms Excel 2003, yaitu 2 GB sedangkan Ms. 2003 hanya 1 GB.
  8. Anda bisa  memanfaatkan berbagai theme yang akan mempermudah Anda dalam memformat data.
  9. Terdapat conditional formatting untuk mempermudah penandaan data secara visual untuk keperluan analisis dan presentasi data.
  10. Penulisan formula yang lebih gampang daripada MS Excel 2003
  11. Fungsi AutoComplete yang dapat menuliskan sintak-sintak rumus dengan tepat.
  12. Ada Rumus OLAP (On line Analitycal Processing).
  13. Tampilan grafik lebih memukau yaitu mempunyai efek-efek tiga dimensi, transparansi, dan bayangan objek. Tidak jadul-jadul amat.
  14. Fitur Sharing antar aplikasi dapat difungsikan dengan mudah antar aplikasi Office seperti Word dan Power Point.
  15. Pivot Table cukup mudah digunakan.
  16. Terdapat file format Office Open XML.
  1. Pembiasaan penggunaan terhadap desain baru yang habis-habisan dari versi excel 2003 yang tentu membutuhkan waktu.
  2. Tab kontekstual dan style gallery agak mengganggu.
  3. Format file xlsx merepotkan pengguna Office edisi sebelumnya (2000 dan 2003) karena perlu menginstal converter untuk dapat membukan file Office 2007.
  4. Menyimpan file dalam bentuk web terasa lebih sulit dibanding pada edisi sebelumnya.


0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.