0

Extreme Programming

Posted by Jujur Sitanggang on 5:07 AM


Extreme Programming





Proyek pertama Extreme Programming dimulai tanggal 6 Maret 1996, Extreme Programming adalah salah satu dari beberapa Agile processing yang populer dan, sudah terbukti sangat sukses di banyak perusahaan dan industri dari semua ukuran yang berbeda di seluruh dunia.
Extreme Programming berhasil karena menekankan kepuasan pada si pelanggan. daripada menyampaikan semua hal yang mungkin anda butuhkan di kemudian hari, proses ini memberikan software yang Anda butuhkan ketika Anda membutuhkannya. Extreme Programming memberdayakan developer anda untuk merespon perubahan kebutuhan pelanggan, bahkan di akhir siklus hidup.
Extreme Programming menekankan kerja sama tim. Manajer, pelanggan, dan semua developer yang terkait sebagai mitra sejajar dalam tim. Extreme Programming mengimplementasikan lingkungan yang sederhana, namun efektif yang memungkinkan tim untuk menjadi sangat produktif. Tim terorganisir diri sekitar masalah untuk menyelesaikannya dengan  seefisien mungkin.
Extreme Programming meningkatkan proyek pembangunan software dalam lima cara :
                              1.            Communication
                              2.            Simplycity
                              3.            Feedback
                              4.            Respect
                              5.            Courage
Extreme Programming menerapkan aturan communication untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan mereka dan sesama programmer. Mereka menjaga desain mereka sederhana dan bersih. Mereka mendapatkan feedback dengan menguji perangkat lunak mereka mulai pada hari pertama. Mereka memberikan sistem kepada pelanggan sedini mungkin dan menerapkan perubahan seperti yang disarankan. Setiap keberhasilan yang kecil memperdalam rasa hormat mereka atas kontribusi yang unik dari setiap anggota tim. Dengan dasar ini Extreme Programming mampu  merespon perubahan kebutuhan dan teknologi dengan berani.

Aspek yang paling mengejutkan dari Extreme Programming adalah aturannya yang sederhana. Extreme Programming  sangat mirip seperti jig saw puzzle. Ada banyak potongan-potongan kecil. Secara Individual potongan nya tidak berarti tapi jiga digabungkan gambaran yang lengkap dapat dilihat. Aturan mungkin tampak canggung dan bahkan terasa naif pada awalnya, tetapi semuanya didasarkan pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip pengambilan suara.

The Rules of Extreme Programming


Planning

     User Stories ditulis.

     Membuat jadwal release.

     Sering membuat release yang kecil.

     Project dibagi menjadi dua Iteration.

     Perencanaan iterasi di mulai di setiap iterasi.

            Managing
       Berikan tim ruang kerja terbuka khusus untuk mereka.
       Mengtur laju yang berkelanjutan.
       Meeting dilakukan setiap hari.
       Kecepatan project di hitung.
       Move people around.
       Perbaiki Extreme Programming jiga rusak.

            Designing
       Simplicity.
       Pilih lah System Metaphor.
       Gunakan kartu CRC pada sesi design.
       Tidak ada fungsi yang di gunakan di awal.
       Refactor kapanpun dan dimanapun jika memungkinkan.

            Coding
       Pelanggan harus selalu tersedia.
       Koding harus ditulis dengan standar yang telah disepakati.
       Koding unit pengujian di awal.
       Semua proses produksi kode dilakukan secara berpasangan.
       Pengintegrasian di lakukan untuk satu pasang kode di satu waktu.
       Lakukan pengintegrasian sesering mungkin.
       Dedikasi kan sebuah komputer untuk melakukan pengintegrasian.
       Gunakan Collective Ownership.





Testing
       Semua kode harus memiliki unit test.
       Semua kode harus lulus semua test unit sebelum dapat dirilis.
       Saat sebuah bug ditemukan buatlah test sesegera mungkin.
       Tes penerimaan dijalankan sesering munkin dan skor diterbitkan.

Aturannya menetapkan ekspektasi antara anggota tim tetapi bukan tujuan akhir mereka sendiri. Anda akan menyadari aturan ini menciptakan lingkungan yang mengutamakan kolaborasi tim dan pemberdayaan, itulah tujuan setiap anggota tim. Setelah tujuan akhirnya tercapai kerja sama antar individual didalam tim akan terus berlanjut bahkan saat aturan nya di ubah sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan anda.
Flow chart di atas menunjukkan bagaimana aturan Extreme Programming bekerja bersama. Pelanggan menikmati menjadi partner dalam proses pembangunan perangkat lunak, developer yang aktif berkontribusi tanpa memandang tingkat pengalaman, dan manajer berkonsentrasi pada komunikasi dan hubungan. Kegiatan yang tidak produktif telah dipangkas untuk mengurangi biaya dan rasa frustrasi semua orang yang terlibat.

0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.