0

Analisi Masalah Kebutuhan Fungsional Use Case

Posted by jujur on 10:09 PM


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan menjadi sarana yang sangat di butuhkan oleh perusahaan ataupun organisasi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat. Suatu informasi diharapkan dapat membantu suatu pekerjaan dan juga mempermudah serta mempercepat suatu pekerjaan dalam pengerjaan nya. Informasi yang didapatkan oleh organisasi atau perusahaan bertujuaan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan atau organisasi yang dimiliki, agar bisa bersaing dengan perusahaan atau organisasi lain nya.
Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang perusahaan di tuntut untuk mengikuti teknologi informasi dalam hal membantu kinerja pegawai dalam pengerjaan tugasnya. Dengan teknologi informasi pengerjaan tugas pun akan semakin cepat untuk di selesaikan.
Saat ini beberapa perusahaan travel di indonesia masih ada yang melakukan pelayanan reservasi dengan cara manual yaitu dengan cara mencatat data konsumen dan juga harus membandingkan data yang sebelumnya di tulis dengan yang baru untuk pengecekan jadwal serta penomoran tempat duduk.
Salah satu perusahaan yang masih menggunakan pelayanan reservasi tiket dengan cara manual adalah ‘Narima Indah Travel’. Narima Indah Travel adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis Travel Mobil. Narima Indah Travel hanya mempunyai satu outlet  yang melayani konsumen untuk pembelian tiket travel.
Narima Indah Travel membutuhkan sebuah program reservasi tiket untuk membantu proses pembelian tiket agar bisa mempecepat proses dalam pembelian tiket nya karna dalam pelaksanaannya permintaan keberangkatan untuk Narima Indah Travel terus bertambah setiap harinya.
Kendala yang dihadapi oleh Narima Indah Travel adalah belum adanya sistem komputerisasi yang di terapkan di Narima Indah Travel yang bisa melayani reservasi tiket atau pembelian tiket serta untuk melihat jadwal yang masih kosong dan kursi tersedia harus melihat transaksi sebelumnya.
Pelayanan pembelian tiket masih memakai kertas belum memakai komputer atau pun sistem informasi. Hal ini kadang menyebabkan penulisan data tidak akurat pada saat pembagian tempat duduk dikarenakan pegawai outlet harus mengecek data-data pembelian tiket sebelumnya untuk menentukan tempat duduk konsumen, pengecekan ini kadang membutuhkan waktu yang cukup lama dan sering juga terjadi kesalahan yang nanti nya akan mengurangi kepuasaan konsumen menggunakan layanan Narima Indah Travel, serta dalam pengecekan jadwal yang ditanyakan oleh konsumen masih membutuhkan waktu untuk mencari jadwal yang masih kosong dalam artian tempat duduk yang kosong. Dengan sistem pelayanan yang sekarang ada di Narima Indah Travel dapat menghambat kinerja dari pegawai outlet pembelian tiket. Di karenakan para pegawai harus mencari data dalam bentuk kertas terlebih dahulu untuk melayani konsumen.
Dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang telah disebutkan diatas, kami berkeinginan untuk mengangkat masalah tersebut dan memeberikan solusi di dalam tugas penelitian ini dengan judul “APLIKASI PELAYANAN RESERVASI TIKET DI NARIMA INDAH TRAVEL”.

1.2   Identifikasi Masalah
Berikut identifikasi masalah yang terdapat pada Narima Indah Travel :
1.      Narima Indah Travel masih menggunakan sistem manual yaitu penulisan pada setiap terjadinya proses reservasi tiket serta pembelian tiket..
2. Untuk melihat jadwal yang masih bisa terisi atau melihat kursi yang masih belum di isi pada jadwal yang di tanyakan atau diminta oleh konsumen, pegawai outlet harus melihat transaksi sebelumnya untuk memastikan bahwa jadwal tersebut tidak terisi dan melakukan reservasi. Hal ini membutuhkan waktu dan bisa terjadi kesalahan karena salah melihat data.





1.3    Batasan Masalah
Dalam penelitian ini penulis membatasi cakupan masalahnya. Batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Penelitian ini dilakukan di Narima Indah Travel Subang, ruang lingkup pada penelitian ini adalah pelayanan pemesanan tiket dalam hal pembelian tiket dan penjadwalan
2.      Sistem Informasi Pelayanan Reservasi Tiket melayani pembelian tiket dan pengaturan jadwal.

















BAB II
ANALISIS MASALAH

2.1  Kebutuhan Fungsional
2.1.1        Use Case
2.1.1.1   Use Case Admin











(a)      Login
Identifikasi Masalah

Nama
Login

Tujuan
Masuk kedalam sistem sebagai pengguna

Deskripsi
Proses Login ini sebagai kewenangan terhadap orang yang menggunakan sistem



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Login ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi form Login
1. Menyamakan data yang diinputkan oleh  aktor dengan data yang ada pada database

2. Menampilkan pesan bahwa Login berhasil

3. Menampilkan halaman utama untuk pengguna

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi kembali form Login
2. Menampilkan pesan bahwa Login tidak berhasil

2. Menampilkan form Login kembali

Kondisi Akhir
Pengguna dapat melakukan kegiatan pada sistem sesuai dengan kewenangan masing-masing



(b)     Menambah Data Petugas
Identifikasi Masalah

Nama
TambahPetugas

Tujuan
Menambah data petugas

Deskripsi
Proses Penambahan data petugas ini dilakukan untuk menambah daftar petugas yang ada di travel



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data
1. Menampilkan form tambah data

2. Menampilkan pesan bahwa penambahan data berhasil dilakukan

3. Me-reload data petugas

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa data tidak berhasil disimpan

2. Menampilkan kembali form transaksi

Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data petugas baru yang telah di tambahkan



(c)      Mengedit Data Petugas
Identifikasi Masalah

Nama
Edit Petugas

Tujuan
Mengedit data petugas

Deskripsi
Proses Pengeditan data petugas ini dilakukan untuk mengubah isi data petugas yang ada di travel



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data
1. Menampilkan form edit data

2. Menampilkan pesan bahwa pengeditan data berhasil dilakukan

3. Me-reload data petugas

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa pengeditan data tidak berhasil disimpan

2. Menampilkan kembali form transaksi

Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data petugas baru yang telah di edit



(d)     Menghapus Data Petugas
Identifikasi Masalah

Nama
Hapus Petugas

Tujuan
Menghapus data petugas

Deskripsi
Penghapusan data petugas ini dilakukan untuk menghapus data dari daftar petugas yang ada



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data
1. Menampilkan message box konfirmasi penghapusan

1. Menampilkan pesan bahwa penghapusan data berhasil dilakukan

2. Me-reload data petugas

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa data tidak berhasil dihapus

2. Menampilkan kembali form transaksi

Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data petugas baru yang telah di tambahkantanpa data yang telah berhasil di hapus



(e)      Menambah Data Mobil
Identifikasi Masalah
Nama
Tambah mobil
Tujuan
Menambah data supir
Deskripsi
Proses Penambahan data mobil ini dilakukan untuk menambah daftar mobil yang ada di travel




Aktor
Admin
Use Case yang berkaitan

Skenario Utama
Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data
1. Menampilkan form tambah data

2. Menampilkan pesan bahwa penambahan data berhasil dilakukan

3. Me-reload data mobil
Skenario Alternatif
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa data tidak berhasil disimpan

2. Menampilkan kembali form transaksi
Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data mobil baru yang telah di tambahkan



(f)       Mengedit Data Mobil
Identifikasi Masalah
Nama
Edit Mobil
Tujuan
Mengedit data Mobil
Deskripsi
Proses Pengeditan data Mobilini dilakukan untuk mengubah isi data mobil yang ada di travel




Aktor
Admin
Use Case yang berkaitan

Skenario Utama
Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data
1. Menampilkan form edit data

2. Menampilkan pesan bahwa pengeditan data berhasil dilakukan

3. Me-reload data mobil
Skenario Alternatif
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa pengeditan data tidak berhasil disimpan

2. Menampilkan kembali form transaksi
Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data mobil baru yang telah di edit





(g)      Menghapus Data Mobil
Identifikasi Masalah
Nama
Hapus Mobil
Tujuan
Menghapus data supir
Deskripsi
Penghapusan data mobil ini dilakukan untuk menghapus data dari daftar mobil yang ada




Aktor
Admin
Use Case yang berkaitan

Skenario Utama
Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data
1. Menampilkan message box konfirmasi penghapusan

1. Menampilkan pesan bahwa penghapusan data berhasil dilakukan

2. Me-reload data mobil
Skenario Alternatif
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa data tidak berhasil dihapus

2. Menampilkan kembali form transaksi
Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data mobil baru yang telah di tambahkan tanpa data yang telah berhasil di hapus



(h)     Menambah Data Supir
Identifikasi Masalah

Nama
Tambah Supir

Tujuan
Menambah data supir

Deskripsi
Proses Penambahan data supir ini dilakukan untuk menambah daftar supir yang ada di travel



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data
1. Menampilkan form tambah data

2. Menampilkan pesan bahwa penambahan data berhasil dilakukan

3. Me-reload data supir

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa data tidak berhasil disimpan

2. Menampilkan kembali form transaksi

Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data supir baru yang telah di tambahkan



(i)        Mengedit Data Supir
Identifikasi Masalah
Nama
Edit Supir
Tujuan
Mengedit data supir
Deskripsi
Proses Pengeditan data supir ini dilakukan untuk mengubah isi data supir yang ada di travel




Aktor
Admin
Use Case yang berkaitan

Skenario Utama
Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data
1. Menampilkan form edit data

2. Menampilkan pesan bahwa pengeditan data berhasil dilakukan

3. Me-reload data supir
Skenario Alternatif
Aksi Aktor
Reaksi sistem
Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa pengeditan data tidak berhasil disimpan

2. Menampilkan kembali form transaksi
Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data supir baru yang telah di edit



(j)        Menghapus Data Supir
Identifikasi Masalah

Nama
Hapus Supir

Tujuan
Menghapus data supir

Deskripsi
Penghapusan data supir ini dilakukan untuk menghapus data dari daftar supir yang ada



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data
1. Menampilkan message box konfirmasi penghapusan

1. Menampilkan pesan bahwa penghapusan data berhasil dilakukan

2. Me-reload data supir

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Menambah data kembali
1. Menampilkan pesan bahwa data tidak berhasil dihapus

2. Menampilkan kembali form transaksi

Kondisi Akhir
Admin akan mendapatkan data supir baru yang telah di tambahkan tanpa data yang telah berhasil di hapus



(k)      Menambah Data Jadwal
Identifikasi Masalah

Nama
Tambah data jadwal

Tujuan
Menambahkan data jadwal keberangkatan baru

Deskripsi
Proses ini dilakukan guna untuk mendapatkan daftar data keberangkatan baru yang bisa digunakan oleh pelanggan



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Tambah Jadwal

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi form Tambah jadwal
1. Menampilkan pesan informasi bahwa data berhasil diambahkan

2.Me-reload data jadwal

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi form Tambah jadwal kembali
1. Menampilkan pesan informasi bahwa data tidak berhasil diambahkan

2. Menampilkan form Tambah jadwal kembali

Kondisi Akhir
Petugas dapat mengetahui data jadwal baru yang telah berhasil dilakukan



(l)        Mengedit Data Jadwal
Identifikasi Masalah

Nama
Edit data jadwal

Tujuan
Mengubah data jadwal keberangkatan yang sudah ada

Deskripsi
Proses ini dilakukan guna untuk mengubah daftar data keberangkatan yang sudah ada



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Edit Jadwal

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi form Edit jadwal
1. Menampilkan pesan informasi bahwa data berhasil diambahkan

2.Me-reload data jadwal

3. Menampilkan data lama dari data yang sudah dipilih sebelumnya

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi form Edit jadwal kembali
1. Menampilkan pesan informasi bahwa data tidak berhasil diambahkan

2. Menampilkan form Edit jadwal kembali

Kondisi Akhir
Petugas dapat mengetahui data pengeditan jadwal yang telah berhasil dilakukan



(m)   Menghapus Data Jadwal
Identifikasi Masalah

Nama
Hapus data jadwal

Tujuan
Menghapus data jadwal yang sudah ada

Deskripsi
Proses ini dilakukan guna untuk menghapus data keberangkatan sehingga tidak bisa lagi dipilih oleh pelanggan



Aktor
Admin

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Jadwal ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Memilih data jadwal keberangkatan
1. Menampilkan pesan validasi penghapusan data

2. Menampilkan pesan informasi data berhasil dilakukan

2.Me-reload data jadwal

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Memilih data jadwal keberangkatan kembali
1. Menampilkan pesan informasi data tidak berhasil dilakukan

2. Menampilkan form jadwal kembali

Kondisi Akhir
Petugas dapat mengetahui jadwal baru yang bisa dipilih pelanggan tanpa data yang telah dihapus






2.1.1.2   Use Case Petugas Travel
(a)      Login
Identifikasi Masalah

Nama
Login

Tujuan
Masuk kedalam sistem sebagai pengguna

Deskripsi
Proses Login ini sebagai kewenangan terhadap orang yang menggunakan sistem



Aktor
Petugas

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Login ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi form Login
1. Menyamakan data yang diinputkan oleh  aktor dengan data yang ada pada database

2. Menampilkan pesan bahwa Login berhasil

3. Menampilkan halaman utama untuk pengguna

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi kembali form Login
2. Menampilkan pesan bahwa Login tidak berhasil

2. Menampilkan form Login kembali

Kondisi Akhir
Pengguna dapat melakukan kegiatan pada sistem sesuai dengan kewenangan masing-masing



(b)     Membuat Tiket keberangkatan
Identifikasi Masalah

Nama
Membuat Tiket keberangkatan

Tujuan
Mendapatkan jadwal keberangkatan

Deskripsi
Proses Transaksi ini dilakukan oleh petugas travel guna untuk mengatur keberangkatan sesuai dengan keinginan costumer



Aktor
Petugas

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Mengisi Form transaksi
1. Form tambah transaksi ditampilkan

2. Menampilkan pesan bahwa jumlah penumpang harus lebih besar dari sisa kursi

3. Menampilkan bahwa transaksi berhasil dilakukan

4. Me reload form transaksi

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

 Mengisi Form transaksi  kembali
1. Menampilkan pesan bahwa ID keberangkatan yang diinputkan tidak tersedia

2. Menampilkan bahwa transaksi tidak berhasil dilakukan

3. Menampilkan form Transaksi kembali

Kondisi Akhir
Pengguna melakukan transaksi sampai mendapatkan jadwal keberangkatan beserta jumlah biaya yang harus dibayar oleh costumer



(c)      Meng-cancel tiket keberangkatan
Identifikasi Masalah

Nama
Meng-cancel keberangkatan

Tujuan
Membatalkan jadwal keberangkatan

Deskripsi
Prosesini guna untuk membatalkan jadwal keberangkatan yang sebelumnya sudah dipilih oleh costumer



Aktor
Petugas

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Cancel keberangkatan
1. Menampilkan daftar transaksi yang sudah dilakukan oleh semua costumer

2. Menampilkan pesan bahwa cancel berhasil dilakukan

3. Mereload Form transaksi

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Cancel keberangkatan
1. Menampilkan daftar transaksi yang sudah dilakukan oleh semua costumer

2. Menampilkan pesan bahwa cancel tidak berhasil dilakukan

Kondisi Akhir
Pengguna akan mendapatkan data baru tanpa data yang telah dihapus tadi



(d)     Membuat Laporan
Identifikasi Masalah

Nama
Membuat Laporan

Tujuan
Membuat laporan keberangkatan

Deskripsi
Prosesini guna untuk mengetahui kapan saja dan siapa saja yang melakukan transaksi



Aktor
Petugas

Use Case yang berkaitan


Skenario Utama

Kondisi Awal
Form Transaksi ditampilkan

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Cancel keberangkatan
1. Menampilkan daftar transaksi yang sudah dilakukan oleh semua costumer

2. Menampilkan pesan bahwa proses cetak laporan berhasil dilakukan

3. Mereload Form transaksi

Skenario Alternatif

Aksi Aktor
Reaksi sistem

Cancel keberangkatan
1. Menampilkan daftar transaksi yang sudah dilakukan oleh semua costumer

2. Menampilkan pesan bahwa proses cetak laporan tidak  berhasil dilakukan

Kondisi Akhir
Pengguna akan mendapatkan laporan berupa hard copy




0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.