0

Proposal Metodologi Penelitian

Posted by Jujur Sitanggang on 10:12 PM


PROPOSAL PERANCANGAN SISTEM PENGAMBILAN KARTU STUDI MAHASISWA ONLINE PADA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
 Metodologi Penelitian
Dosen: Harsa Wara Prabawa, M.Pd









Disusun oleh:
Jujur Soaloon Sitanggang : 10112672



Program Studi Teknik Infotmatika
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia
2014

1.      Latar Belakang Masalah
Universitas Komputer Indonesia adalah  salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki beberapa program studi, salah satunya adalah program studi Teknik Informatika.Dengan semakin pesatnya  perkembangan teknolgi informasi  dan komunikasi serta semakin berkembangnya program studi teknik informatika, maka diperlukan manajemen data yang baik.
Program studi Teknik Informatika dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa masih bersifat konvensional.Metode ini kurang efektif karena, mahasiswa harus melakukan penandatangan Kartu Studi Mahasiswa pada sekretariat  jurusan. Dalam penandatangan Kartu  Studi Mahasiswa tersebut, mahasiswa perlu antri untuk pengambilan Kartu Studi Mahasiswa dan memungkinkan kesalahan dalam pemberian Kartu Studi sehingga harus dikembalikan kembali. Hal ini sangat tidak efektif dalam segi waktu,tempat  maupun tenaga. Adapun kendala lain mahasiswa tidak bisa mengambil Kartu  Studi Mahasiswa  dikarenakan sakit sehingga mahasiswa tidak bisa mengambil Kartu Studi Mahasiswa diwaktu yang telah ditentukan.
Dengan dibangunnya sistem pengambilan Kartu Studi mahasiswa bersifat online, dengan demikian mahasiswa dapat melakukan pengambilan Kartu Studi Mahasiswa secara melakukan Printout  data yang telah diberikan oleh secretariat  jurusan.  Sistem pengambilan Kartu Study Mahasiswa secara online akan menghemat waktu mau pun tenaga dari mahasiswa dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa.

2.      Identifikasi dan Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka identifikasi masalah dan rumusan masalah dapat dijabarkan sebagai berikut :
2.1 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas masalah masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut
1.      Pengambilan Kartu Studi Mahasiswa masih Manual hal ini tidak efesien dari segi waktu.
2.      Dalam pengambilan Kartu Studi mahasiswa harus antri hal ini tidak efesien dalam segi tempat dan tenaga.
3.      Memungkinkan kesalahan dalam pemberian Kartu Studi Mahasiswa.


2.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah Sistem pengambilan Kartu Studi Mahasiswa secara online adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara agar sistem pengambilan Kartu Studi Mahasiswa dapat mempermudah mahasiswa dan Lembaga Universitas Komputer Indonesia?
2.      Bagaimana cara agar sistem yang dibuat dapat diakses dengan cepat oleh mahasiswa?


3.      Maksud dan Tujuan
Maksud dari program ini adalah untuk menciptakan aplikasi yang dapat memantu dan mempermudah mahasiswa dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa.
Tujuan dari program ini adalah mempermudah mahasiswa dalam pengambilan Kartu Rencana Studi dan meminimalisir waktu dan tenaga mahasiswa dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa.

4.      Manfaat

4.1 Bagi Mahasiswa
1.      Mempermudah mahasiswa dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa.
2.      Meminimalisir waktu dan tenaga dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa.
3.      Mengurangi kesalahan dalam pengambilan Kartu Studi Mahasiswa.
4.2 Bagi Lembaga Universitas Komputer Indonesia
1.      Mempermudah pembagian Kartu Studi mahasiswa .
2.      Menunjang kelanjaran Proses pembagian Kartu Studi Mahasiswa.

5.      Batasan Masalah

1.      Objek Penelitian adalah Program Studi Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.
2.      Pembuatan program pengambilan Kartu Studi Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia.
3.      Data yang ditangani adalah data mahasiswa mahasiswa Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.

6.      Metodologi
Metodologi yang dipakai pada sistem ini adalah metodologi waterfall, yang terdiri dari beberapa tahap yaitu :
6.1  Analisis Kebutuhan
Untuk Melengkapi data-data yang dalam perancangan sistem maka dibutuhkan data dari mahasiswa Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.
1.      Sumber data
Data yang diteliti diperoleh dari data mahasiswa Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.
2.      Jenis dan tipe data
Jenis dan tipedata yang akan diambil dari mahasiswa Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia adalah Nim mahasiswa, Nama mahasiswa, Semester mahasiswa, Kelas Mahasiswa, dan mata kuliah yang diambil mahasiswa saat pengisian rencana studi pada awal semester.

6.2  Analisis Sistem
Pada tahap ini, dilakukan analisis dan penelitian terhadap masalah-masalah yang terdapat pada sistem yang sekarang digunakakan. Dimana sistem yang ada saat ini kurang efektif dalam memberikan solusi pemecahan masalah yang didapatka melalui proses wawancara kepada mahasiswa. Tahap ini dibanti dengan Flowmap untuk menjelaskan sistem yang sedang dipakai.

6.3 Design
Proses ini digunakan untuk merancang sistem solusi permasalahan atas sistem yang sedang dipakai. Perancangan ini dilakukan dengan diagram UML untuk menjelaskan alir sistem. Pada tahap ini juga ditentukan bahasa pemograman yang digunakan untuk merancang aplikasi Kartu Studi Mahasiswa ini.

6.4 Coding dan Pengujian
Desain harus diubah bentuknya menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh computer, yaitu ke dalam bahasa pemograman melalui proses coding. Tahap ini merupakan implementasi dari tahap desain yang secara teknis akan dikerjakan.Proses coding ini harus dilakukan pengujian untuk menguji kesalahan-kesalahan program maupun fungsi sistem.
6.5 Implementasi
Setelah semua fungsi-fungsi sistem harus dicoba agar software bebas dari kesalahan, dan hasilnya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefenisikan sebelumnya. Maka proses selanjutnya adalah bagaimana sistem baru akan dijalankan dengan pengoperasian yang dilakukan mahasiswa.
6.5 Perawatan
Pemeliharaan suatu sistem sangat diperlukan, termasuk di dalamnya adalah pengembangan Karen sistem yang dibuat tidak hanya selamanya seperti itu. Ketika dijalankan mungkin saja masih ada kesalahan kecil yang tidak ditemukan sebelumnya, atau ada penambahan fitur-fitur yang belum ada pada sistem tersebut.  
7.      Jadwal Pelaksanaan Kegiantan

1.  Minggu I: Persiapan.
2.  Minggu II – IV: Pengumpulan data, pengolahan dan analisis data secara garis besar.
3.  Minggu V – IX: Penyusunan laporan draf, mulai dari BAB I sampai dengan BAB V
4.  Minggu X - XII: Laporan akhir



8.      Daftar Pustaka

1.      Sutarman. Membangun Aplikasi Web Dengan PHP & MySQL, Graha Ilmu, Yogyakarta : 2007
2.      Arifuddin Ali, Cara Membuat dan Menyusun Proposal  Penelitian . 27 September  2012.

http://www.slideshare.net/Arifuddin13/cara-membuat-dan-menyusun-proposal-penelitian-ok?related=1
3.      Maria Daisihara, Literature Review .
http://metodepenelitiana.wordpress.com/literature-review-2/


9.      Literature Riview

Makalah yang dibuat oleh Siti Hena Nuraini, Bambang Eka Purnama, Tri Irianto Tj yang  membahas pembuatan sistem informasi Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Hasil Studi (KHS) pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Surakarta merupakan sebuah teknologi pemograman berbasis web.Dalam makalah tersebut dipaparkan bagaimana pengisian KRS dan pengambilan KHS yang dapat dilakukan secara online. Data yang di upload oleh admin akan dapat diakses mahasiswa secara online. Sistem tersebut dibangun menggunakan HTML, PHP,dan MySQL.HTML adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web dan menentukan menentukan tampilan suatu teks  dan tingkat kepentingan teks tersebut dalam suatu dokumen.PHP merupakan bahasa pemograman yang difungsikan untuk membangun suatu web dinamis.MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL, dan merupakan penggunaan database untuk pengolahan data.
            Dengan Ketiga teknologi tersebut sangat membantu pengambilan Kartu Studi Mahasiswa secara online, dimana HTML maupun  PHP akan membangun web dan MySQL akan menyimpan data-data mahasiswa.


0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.