0

INSTALASI SISTEM OPERASI FREEBSD 10.0

Posted by jujur on 10:21 PM

INSTALASI SISTEM OPERASI FREEBSD 10.0
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah
Sistem Operasi
Dosen : Herwan Herwansyah S.kom

D:\logo.jpg

Disusun oleh:
Ganang Fuad H    10112694
Paul Jonathan P S    10112703
Jujur Soaloon        10112672
Handoko        10112718
Elvis T.J Tanaem    10111072

Program Studi Teknik Infotmatika
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia
2015
BAB I

PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Seiring waktu bergerak tanpa sadar dunia teknologi dan perkembangan perteknologian semakin pesat di Dunia kita, terutama Indonesia khususnya di bidang komputer & internet. Banyak nya beredar sistem operasi menuntut kita untuk bijak dalam memilih mempertimbangkan stabilitas, fleksible, cepat, multiuser, secure, dan sesuai dengan kondisi keuangan tentunya. FreeBSD adalah salah satu pilihan untuk suatu sistem operasi gratis yang cukup mumpuni untuk  dipertimbangkan baik digunakan sebagai SERVER maupun DESKTOP.

  1.  Tujua
Tujuan dari pembuatan makalah ini selain karena tugas adalah :
  • Mengenal apa itu FreeBSD
  • Mengetahui Spesifkasi hardware untuk FreeBSD.
  • Mengetahui Fitur FreeBSD
  • Kelebihan & kekurangan FreeBSD
  • Release history dari FreeBSD
  • Mengetahui Instalasi FreeBSD.








BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian freeBSD
FreeBSD adalah sistem operasi tingkat lanjut yang kompatibel untuk x86 (termasuk entium® and Athlon™), amd64 (termasuk Opteron™, Athlon™64, and EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98 dan UltraSPARC® architectures. Free BSD dikembangkan dari BSD, versi dari UNIX® yang dikembangkan di the University of California, Berkeley. Free BSD dikembangkan dan dpelihara oleh sebuah tim yang terdiri dari individu-individu. Platform tambahan sedang dalam tahap pengembangan yang berbeda-beda.
FreeBSD membawakan fitur sistem operasi tingkat lanjut untuk peggunaan sehari-hari dan platform terintegrasi, dari yang berbasis Intel hingga Arm ,PowerPC dan platform hardware MIPS. Dari mail dan web hingga router, time server, dan wireless access points. Vendor-vendor di seluruh dunia akan bergantung pada lingkungan bangun dan antarbangun dari FreeBSD yang terintegrasi dan fitur-fitur tingkat lanjut sebagai pondasi dari produk terintegrasi mereka. Lisensi ‘open source’ dari Berkeley memungkinkan mereka memutuskan perubahan lokal sebanyak apa yang akan dikontribusikan kembali.
Operating sistem ini dinamakan freeBSD karena software ini gratis untuk digunakan oleh siapapun termasuk untuk kepentingan komersial, source code yang tersedia dengan gratis, siapapu dapat meningkstksn performa freeBSD ini atau menemukan bug untuk mensubmit souce codenya, kata ‘free’ dapat diartikan sebagai geratis, atau dapat digunakan sesuai keinginan user.

  1. Sejarah freeBSD
Selama pertengahan tahun 70an, Ken Thompson memperkenalkan UNIX ke University of California di Berkeley. Pada tahun 1978, mahasiswa Berkeley memulai membuat custom UNIX release, dan pada tahun 1980, Berkeley menangani kontrak kerjasama dengan DOD (Departemen of Defense) untuk masalah penggunaan TCP/IP pada BSD, dan menghasilkan standar operating system untuk komputer-komputer di Departemen tersebut. Dengan release 4.3BSD dan Berkeley Networking Release 2 tapes (yang dikenal sebagai Net/2), Berkeley menciptakan operating system yang hampir menyamai AT&T code.Banyak orang berpendapat salah mengenai BSD. Pada kenyataannya, sejarah mengenai BSD kembali pada tahun 1982, dimana Bill Jolitz pertama kali mengumumkan mengenai keinginannya untuk membuat versi FREE? Dari Berkeley Software Distribution untuk mesin 386.

  • Berkeley Software Distribution
Berkeley Software Distribution asli dimulai sebagai bagian dari modifikasi AT&T Unix Software, sebelum berkembang menjadi proyek yang independen. Sayangnya, AT&T masih memegang lisensi untuk UNIX, bertentangan dengan Berkeley Software Design Inc. (BSDI) yang mengklaim bahwa Berkeley Software Distribution juga termasuk source code AT&T. Kasus ini sempat dibawah ke pengadilan, dan hasilnya Bill Jolitz berwenang untuk mengambil bagian dari software yang bukan AT&T dan mengembalikannya menjadi free UNIX. Ini adalah awal lahirnya modern BSD
  • FreeBSD
Pengembangan FreeBSD melibatkan banyak sekali pihak. Biasanya mereka adalah programmer individu berkemampuan tinggi yang dikenal sebagai commiters. Commiters dipilih oleh FreeBSD Core Team dan memiliki wewenang langsung untuk melakukan perubahan-perubahan pada system.
Sejarah kelahiran FreeBSD berawal pada tahun 1992 ketika Jordan K Hubbard, Rod Grimes, dan Nate Williams (mereka adalah orang-orang yang menangani proyek 386BSD) merilis sebuah paket yang dikenal sebagai Unofficial 386BSD Patchkit?. Dari sanalah lahir mekanisme baru yang membentuk 386BSD 0.5?. Namun pada tahun 1993 Jolitz mencabut persetujuannya pada proyek patchkit tersebut. David Greenman lalu mengajukan suatu usulan sebuah operating system baru dengan basis patchkit tersebut, dan lahirlah FreeBSD?. Jordan K Hubbard dan David Greenman (Walnut Creek) akhirnya membentuk suatu kerjasama. Mereka mempersiapkan sebuah proyek distribusi CDROM FreeBSD versi 1.0 yang dirilis pertamakali pada bulan Desember 1993. Kemudian pada bulan November 1994, versi kedua dirilis. Versi 2.0 ini tidak lagi berbasis Net/2, namun diupgrade menjadi 4.4BSD.FreeBSD adalah sistem operasi yang free, open source dan tentu saja sangat tangguh dan robust. Dari daftar NETCRAFT, FreeBSD tercatat sebagai satu-satunya OS Free yang tercantum sebagai webserver dengan uptime terpanjang. FreeBSD dapat dijalankan di prosesor kompatibel dari keluarga intel x86, seperti halnya DEC Alpha, prosesor Sun UltraSPARC, IA64 dan AMD64.
Saat ini FreeBSD banyak dipercaya sebagai OS untuk server yang menangani beban yang cukup tinggi. Tercatat beberapa situs internet tersibuk di dunia, seperti Yahoo.com, Hotmail.com, dan http://ftp.cdrom.com menggunakan FreeBSD sebagai sistem operasi bagi servernya. Sementara itu, di Indonesia FreeBSD menjadi tulang punggung dari jaringan AI3 (Asian Internet Interconnection Initiative). Jaringan yang di Indonesia berpusat di ITB ini bertujuan untuk menghubungkan perguruan tinggi serta lembaga pendidikan maupun riset di Indonesia ke jaringan internet melalui gateway internet AI3 di ITB.
Berbeda dengan Linux yang dibuat secara “keroyokan” oleh para programmer di seluruh dunia, FreeBSD dikembangkan oleh sebuah tim yang terbagi atas tiga kelompok besar, masing-masing adalah FreeBSD Core Team, FreeBSD Developers, dan FreeBSD Documentation Project. FreeBSD Core Team bertindak sebagai semacam “dewan direksi” dari proyek FreeBSD. Tim ini bertanggung jawab untuk menentukan tujuan-tujuan proyek secara keseluruhan serta aturan pelaksanaannya. Tim kedua, FreeBSD Developers, bertanggung jawab terhadap tugas teknis dalam pembuatan FreeBSD, sementara FreBSD Documentation Team menangani tugas-tugas yang berkenaan dengan pendokumentasian proyek, pembuatan manual, FAQ, dan sebagainya.
  • NetBSD
Ketika Jolitz dan yang lainnya berfokus pada 386BSD, ada kelompok lain yang bekerja pararel dengan melakukan porting 386BSD ke Macintosh. Pengembangan ini juga dilanjutkan pada base system Atari ST, Amiga, dan PC. Dan ketika FreeBSD masih terus berkonsentrasi pada mesin-mesin Intel, NetBSD menyediakan dukungannya untuk mesin-mesin dengan platform yang lain.
Proyek NetBSD juga mengembangkan Mach-based virtual memory system, selain ada proyek lain yang cukup besar yaitu KAME. KAME bertujuan untuk memperkenalkan IPv6, IPSec untuk IPv4 dan IPv6 dan pengembangan implementasi TCP/IP pada dunia UNIX.




  • OpenBSD
Pada awal 1990, Theo de Raadt bertanggunjawab untuk melakukan porting NetBSD pada mesin-mesin SPARC. Namun karena terjadi ketidakcocokan antara Theo dan NetBSD core team untuk masalah pengembangan NetBSD, membuat Theo hengkang dengan mendirikan proyek baru bernama OpenBSD.
OpenBSD lebih memfokuskan pada tujuan memproduksi sebuah operating system yang secure. Pada awal 1996, OpenBSD team membuat analisa baris-per-baris untuk setiap source code yang disertakan untuk menghindari adanya potensi bugs dan security hole. Dengan tujuan menemukan bugs sebelum orang lain menemukannya, membuat OpenBSD semakin matang dengan konsep secure by default-nya.
OpenBSD juga mengembangkan porting ke banyak mesin, hal ini sepertinya terinfluence dengan pengembangan NetBSD mengingat OpenBSD juga lahir dari NetBSD, telah banyak mesin-mesin Motorola 86k, VAX, dan Intel yang berhasil diinstall OpenBSD sebagai operating systemnya.

  1. Versi freeBSD
FreeBSD mempunyai dua versi ketika dirilis. Versi tersebut antara lain versi -CURRENT dan versi -STABLE. Versi -CURRENT adalah versi yang pertama kali dirilis, biasanya dipakai oleh para developer yang sudah mahir tentang cara kerja FreeBSD agar dapat menemukan berbagai bugs paska produksi. Setelah versi -CURRENT selesai diperbaiki, maka versi tersebut tadi akan menjadi versi -STABLE yang sudah siap digunakan bagi siapapun. Oleh karena itu bagi yang kurang familiar dan baru mencoba FreeBSD, agar menggunakan versi -CURRENT karena versi ini ditujukan oleh orang yang kapabel untuk mengindentifikasi masalah yang muncul di versi terbaru ini. Tujuan dari adanya versi -CURRENT dan -STABLE ini adalah untuk mengetest versi terakhir dari software ini, memberitahukan fixed bugs bagi para pengguna, dan meyakinkan pengguna dengan fitur-fitur terbaru dan masalah yang sudah diatasi dari versi -CURRENT. Selain perbedaan -CURRENT dan -STABLE tadi, pemberian nama dari versi -STABLE juga telah dibuat sedemikian rupa sehingga para pengguna tahu berapa kali perbaikan telah dilakukan.




  • Perkembangan Versi freeBSD
  1. FreeBSD 1.0
Versi resmi pertama yang dirilis adalah FreeBSD 1.0 pada Desember 1993, yang dikoordinasikan oleh Kordan Hubbard, Nate Williams dan Rod Grimes dengan nama yang diajukan oleh David Greenman. Walnut Greek CDOM yang kemudian menyetujui untuk mendistribusikan FreeBSD dalam CD dan memberikan sebuah mesin untuk bekerja dalam proyek tersebut, dalam koneksi internet yang cepat, yang kemudian dikatakan oleh HUbbard sangat membantu perkembangan cepat FreeBSD. Pada bulan Mei 1994 FreeBSD 1.1 yang sukses dirilis. Akan tetapi, terdapat beberapa perhatian tentang legalitas ‘BSD Net/2 release source code’ yang digunakan pada 386BSD. Setelah sebuah perkara hukum antara UNIX yang mempunyai copyright, Uniix System Laboratories dengan University of California, Berkeley, proyek FreeBSD kembali membangun kebanyakan sistem dengan menggunakan 4.4 BSD-Lite yang dirilis Berkeley, yang membuat perkara hukum ini tidak mempunyai satupun AT&T source code yang dimiliki BSD yang pertama, yang membuatnya tidak dapat digunakan. Dengan usaha yang besar kemudian dirilis sebagai FreeBSD 2.0 pada Januari 1995.

  1. FreeBSD 2.0
FreeBSD 2.0 memberi fitur yang merubah fitur original memori sistem virtual Carnegie Mellon University Mach, yang dioptimasi untuk performa dalam beban yang tinggi. Rilis-an ini juga mengenalkan sistem FreeBSD Ports, yang membuat instalasi, pen-download-an dan pembentukan software pihak ketiga menjadi sangat mudah. Pada tahun 1996 FreeBSD telah menjadi populer di kalangan komersil dan pengguna ISP, yang digunakan pada situs-situs sukses seperti Walnut Creek CDROM, Yahoo! dan Hotmail. Versi terakhir dari versi 2 FreeBSD, yaitu versi 2.2.8 dirilis pada November 1998.

  1. FreeBSD 3.0
FreeBSD 3.0 mebdukung sympaetric multiprocessing (SMP), USB, dan Gigabit Network Card dan versi ini membawa banyak perubahan, berganti format ke format ELF binary. Sistem SMP dan platform 64bit ALpha juga didukung pada versi ini. Versi stabil-3 diakhiri dengan versi 3.5.1 pada Juni 2000.

  1. FreeBSD 4.0
FeeBSD 4.0 ini dirilis pada maret 2000, versi ini mempunyai sistem operasi tervaforit dalam hal web-hosting, dikatakan sebagai sistem yang paling stabil denagn performa yang paling baik dikalangan UNIX. Versi terakhir dari versi 4 FreeBSD, yaitu versi 4.1.1 dirilis pada januari 2005
  1.  FreeBSD 5.0
FreeBSD 5.0 dirilis januari 2003 versi ini mempunyai prosespengembangan arsitektur yang cukup signivikan dengan perbaikan vitur SMP. Versi terakhir dari versi 5 FreeBSD, yaitu versi 5.5 dirilis pada mei 2006 .
  1.  freeBSD 6.0
FreeBSD 5.0 dirilis januari 2003 versi ini mempunyai prosespengembangan arsitektur yang cukup signivikan dengan perbaikan vitur SMP. Versi terakhir dari versi 5 FreeBSD, yaitu versi 5.5 dirilis pada mei 2006 .
  1.  freeBSD 7.0
FreeBSD 7.0 dirilis februari 2008 versi ini mempunyai kecepatan performa yang lebih tinggi. saat yang sama telah diluncurkan versi FreeBSD 7.4 sebagai rilis update terhadap FreeBSD 7.3 yang terbit bulan Maret 2010. Versi terakhir dari versi 7 FreeBSD, yaitu versi 7.4 dirilis pada februari 2011 . FreeBSD 7.4 dilengkapi denga beberapa fungsi baru dan banyak koreksi terhadap kekliruan yang ditemukan selama hampir satu tahun terakhir, termasuk penambahan dukungan untuk hardware baru. Untuk desktop FreaBSD juga delengkapi dengan versi Gnome 2.32.1 dan KDE 4.5.5.
  1.  freeBSD 8.0
FreeBSD 8.0 dirilis november 2009, versi ini mempunyai banyak fitur fitur baru, termasuk superpages dan ZFS support yang telah banyak terimprovisasi. FreeBSD 8.3 merupakan update keempat dari seri cabang 8-STABLE yang meningkatkan fusionalitas FreeBSD 8.2 disamping memperkenalkan beberapa fitur baru seperti:
usb(4) now supports the USB packet filter
TCP/IP stack kini mendukung mod_cc(9) pluggable congestion control framework;
  • Graid(8) GEOM class ditambahkan untuk mendukung sejumlah software RAID controllers berbasis BIOS (menggantikan ataraid(4));
  • ZFS subsystem ditingkatkan ke SPA versi 28;
  • GNOME versi 2.32.1,
  • KDE versi 4.7.4.
  1.  FreeBSD 9.0
FreeBSD 9.0 ditambahkan dengan sejumlah fungsi baru. Sistem berkas ZFS ditingkatkan ke versi 28 dan telah mendukung fitur duplikasi yang hemat memori. Sistem  ZFS 28 RAID kini mendukung Raidz3.
  1. freeBSD 10.0
FreeBSD 10.0 dirilis januari 2014 Terakhir kandidat rilis membangun dari revisi besar terakhir dari FreeBSD, versi 10.0, keluar, dengan tanggal rilis final untuk set OS untuk Januari.
Versi 10 dari FreeBSD menjanjikan membunuh perbaikan besar untuk OS Unix-like terhormat, yang telah tertinggal di belakang Linux dalam hal luasnya adopsi dan popularitas tapi tetap tetap kehadiran terhormat di dunia OS. Sony PlayStation 4, misalnya, menjalankan turunan dari FreeBSD in-house bernama Orbis OS.
  1. Kelebihan dan kekurangan  freeBSD
Berikut beberapa kelebihan dari system operasi FreeBSD :
  1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit
  2. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
  3. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas
  4. Multiuser
  5. Bersifat opensource (bisa di download langsung dr www.freebsd.org).
  6. Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi. Para user cukup mengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download, dicek integritasnya, di-build, dan diinstall secara otomatis. Tugas-tugas administrasi sistem menjadi sangat praktis dan mudah.
  7. Secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS FreeBSD.
  8. Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java.,FreeBSD dpt berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sbg server NFS,Termasuk s. operasi yg hemat karena fersi gratisnya.

Sedangkan kekurangan FreeBSD :
  1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command
  2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang
  3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit
  4. Free BSD tidak dpt digunakan pada mikro karnal lam PC IBM.
  5. Tidak mendukung ISA-plug-and-ply-card.
  6. Kecilnya basis developer dan pemakai yang mencari bug/kelemahan program.

  1. Instalasi freeBSD
FreeBSD dapat berjalan di personal komputer yang menggunakan sistem arsitektur Intel (atau arsitektur lain yang sama dengan Intel seperti AMD), mulai personal komputer yang menggunakan 486 sampai Pentium Pro. Selain itu FreeBSD adalah freeware, dimana kita dapat mendapatkannya secara gratis tanpa perlu membeli seperti anda bayangkan pada sistem operasi UNIX lainnya. Tetapi walaupun freeware, kemampuan FreeBSD untuk beberapa aspek tertentu (misalkan digunakan sebagai internet server) bisa dibandingkan dengan sistem operasi UNIX kelas atas lainnya. FreeBSD bisa kita dapat melalui anonymous FTP apabila kita mempunyai koneksi internet, atau dengan membeli CD-ROM yang dijual oleh Walnut Creek CD-ROM store.
Di dalam FreeBSD sendiri telah terdapat banyak aplikasi built-in, sebagai misal untuk text editor (vi dan emacs), Compiler (gcc), perl, browser(lynx) dan internet server. Terdapat juga aplikasi-aplikasi lain yang tergabung dalam software packages yang bisa kita pilih untuk diinstall juga dalam FreeBSD.
Bagi kita yang menginginkan user interface layaknya windows, maka FreeBSD dapat dikonfigurasi menjadi XWindows dengan tampilan seperti Windows.
Sistem minimum yang dibutuhkan :
Sistem minimum yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan FreeBSD adalah sebagai berikut :
  • Prosesor 486-DX2
  • RAM 8 MB
  • Hard Disk 500 MB
  • VGA Card
Sedangkan apabila yang diinginkan adalah sistem optimum, maka yang anda butuhkan adalah konfigurasi sebagai berikut :
  • Prosesor Pentium 100
  • RAM 16 MB
  • Hard Disk 1,2 GB
  • VGA Card (apabila ingin memasang Xwindows)

Apabila kita menginginkan FreeBSD digunakan sebagai internet server, maka yang harus kita tambahkan adalah Ethernet Card, atau modem. Kita tidak usah menggunakan Ethernet card bermerk, yang anda butuhkan adalah Ethernet Card NE-2000 Compliant.














BABIII
PENUTUP

Kesimpulan
FreeBSD adalah sistem operasi tingkat lanjut yang kompatibel untuk x86 (termasuk Pentium® and Athlon™), amd64 (termasuk Opteron™, Athlon™64, and EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98 dan UltraSPARC® architectures. Free BSD dikembangkan dari BSD, versi dari UNIX® yang dikembangkan di the University of California, Berkeley. Free BSD dikembangkan dan dpelihara oleh sebuah tim yang terdiri dari individu-individu. Platform tambahan sedang dalam tahap pengembangan yang berbeda-beda.
Operating sistem ini dinamakan freeBSD karena software ini gratis untuk digunakan oleh siapapun termasuk untuk kepentingan komersial, source code yang tersedia dengan gratis, siapapu dapat meningkstksn performa freeBSD ini atau menemukan bug untuk mensubmit souce codenya, kata ‘free’ dapat diartikan sebagai geratis, atau dapat digunakan sesuai keinginan user.
Di dalam FreeBSD sendiri telah terdapat banyak aplikasi built-in, sebagai misal untuk text editor (vi dan emacs), Compiler (gcc), perl, browser(lynx) dan internet server. Terdapat juga aplikasi-aplikasi lain yang tergabung dalam software packages yang bisa kita pilih untuk diinstall juga dalam FreeBSD.









Cara Menginstal Os Freebsd
Yang pertama disini kita menggunakan Virtual Box untuk mengistal Freebsd versi 10.0
Langkah langkah penginstalan
  1. Pertama kita masuk dulu ke virtual box ‘











  1. Kita langsung aja klik mulai yang ada di vrtual box
Lalu tunggu sampai muncul instalasi freebsd

  1. Klik istal setelah


  1. Sesudah penginstalan kita masuk ke tampilan berikutnya
Pilih United Kindom Codepage Karena kita berada di indonesia kebanyakan memakai kode versi indonesia

  1. Selanjutnya  masukan hostname

  1. Selanjutnya klik ok dan seterusnya

  1. Langkah selanjutnya kita pilih Entire Disk


  1. Klik finish
  1. Selanjutnya tunggu proses Hingga selesai



  1. Selanjutnya masukan Username dan password
  1. Pilih ok network interface nya


  1. Pilih yes Convigurasi IPV4
  1. Pilih No karena kita sebagai pemula Untuk IPV6


  1. Selanjutnya pilih zona waktu

  1. Pilih indonesia
191 Cara Mudah Install FreeBSD


  1. Pilih Java & Sumatra untuk zona waktu bagian barat indonesia
20 Cara Mudah Install FreeBSD

  1. Pilih Yes211 Cara Mudah Install FreeBSD


  1. Pilih Yes Untuk melanjutkan proses instalasi
221 Cara Mudah Install FreeBSD
  1. Pilih Yes untuk menambahkan user jika tidak pilih No231 Cara Mudah Install FreeBSD

  1. Selanjutnya masukan Username
241 Cara Mudah Install FreeBSD


  1. Isukan Fuulname 251 Cara Mudah Install FreeBSD

  1. Pada Login Group masukan UserName
27 Cara Mudah Install FreeBSD

  1. Ketikan Username lagi lalu tekan Enter28 Cara Mudah Install FreeBSD

  1. Jika ingin menambah user lagi pilih add user, pilih exit utuk menerapkan konfigurasi dan keluar dari proses instalasi
29 Cara Mudah Install FreeBSD










  1. Pilih Reboot untuk merestar Pc yang telah terpasang freebsd
30 Cara Mudah Install FreeBSD

0 Comments

Copyright Jujur Soaloon Sitangang Lipan All rights reserved. Theme by Sitanggang. | Bloggerized by Soalparna.